Aksi Bersih & Olah Sampah Di Kawasan Ramsar Site Dari Balai Besar Tana Bentarum

Senin, 02 Maret 2020

Vega, 29 Februari 2020 - Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional dan Hari Lahan Basah Dunia, Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan  Danau Sentarum (TaNa Bentarum) mengadakan kegiatan aksi bersih sampah dan olah sampah di kawasan Ramsar Site Taman Nasional Danau Sentarum dengan tujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan memberikan pengetahuan bagi masyarakat terkait nilai ekonomi dari sampah yang diolah.

Aksi ini dimulai dengan kegiatan sosialisasi terkait upaya peningkatan kepedulian masyarakat terhadap pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah, selanjutnya dilakukan aksi bersama pengumpulan sampah di sekitar lingkungan tempat tinggal masyarakat Dusun Tanjung Sengkuang dan Dusun Lubuk Guntur Desa Vega, setelah itu dilakukan kegiatan pemilahan dan pengeringan  sampah plastik untuk selanjutnya diolah menjadi BBM dan Paving Blok. Aksi ini diikuti sekitar 120 orang terdiri dari Tim Balai Besar TaNa Bentarum, Camat Selimbau, Perangkat Desa Vega, Manggala Agni Daops Semitau, MPA, MMP, Tokoh Masyarakat, Pelajar, Kelompok Usaha Kejora dan Kelompok Pengelola Pariwisata Semujan Dorsata.

 

Menurut Kepala Bidang PTN Wilayah III Lanjak, Gunawan Budi Hartono “Aksi bersih sampah ini merupakan salah satu strategi kita dalam mengatasi sampah di kawasan Ramsar Site dan juga sebagai langkah awal menjadikan Desa Vega menjadi desa model dan percontohan untuk pengolahan sampah, sehingga diharapkan desa - desa lain yang ada di dalam  maupun di luar kawasan juga dapat mengaplikasikan program ini”.

Kepala Seksi PTN Wilayah V Selimbau, Desra Zullimansyah menambahkan bahwa melalui program ini mengajak semua elemen masyarakat untuk hidup bersih dan sehat dengan tidak membuang sampah sembarangan dan mengajak masyarakat untuk dapat  mengolah sampah menjadi produk yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.

Camat Selimbau, Abdul Hasyim menyampaikan dalam kata sambutannya “saya akan mendorong kepada kepala desa yang ada di Kecamatan Selimbau agar bisa menciptakan lingkungan bebas sampah dan bisa mengolah sampah menjadi barang yang berguna” pungkasnya.

Dalam aksi berih sampah kali ini terkumpul sebanyak 44 karung dengan bobot ± 350 Kg, yang selanjutnya sampah akan diolah menjadi Bahan Bakar Minyak dan paving block yang mempunyai nilai ekonomi bagi masyarakat setempat.

 

Sumber: Balai Besar TN Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini