Kabar Gembira, Satu Sarang Penyu Hijau Menetas Lagi

Senin, 02 Maret 2020

Senin, 02 Februari 2020 - Selain melakukan patroli rutin dan monitoring habitat penyu, petugas lapangan juga sering mendapatkan informasi dari masyarakat terkait penemuan sarang telur penyu. Tak jarang petugas mengambil telur-telur untuk dipindahkan ke tempat penetasan semi alami agar telur tersebut aman dari ancaman predator, baik alami maupun manusia.

Hari ini 28 Februari 2020, penetasan semi alami yang dilakukan petugas Resort Jinato Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Jinato kembali membuahkan hasil. Seperti yang dilaporkan oleh Khoirul Anam PEH SPTN Wilayah II Jinato via WhatsApp. Menurut keterangan Anam, telur-telur yang menetas tersebut berasal dari sarang penyu dengan kode JNT-003 yang ditemukan di sisi barat Pulau Jinato pada tanggal 09 Januari 2020.

Dari jumlah telur sebanyak 60 butir, telah berhasil menetas sebanyak 58 butir dan menjadi tukik. Sedangkan sisanya 2 butir tidak menetas/ busuk. Lebih lanjut Anam menjelaskan bahwa tukik-tukik yang baru lahir tersebut berjenis penyu hijau. Saat ini tukik telah dipindahkan ke bak perawatan, untuk dirawat sampai siap untuk dilepasliarkan.

"Telur yang berhasil menetas sebanyak 58 butir dari 60 butir yang dibawa ke tempat penetasan semi alami. Sisanya 2 butir rusak/busuk. Tukik-tukik tersebut tidak langsung kami lepasliarkan, namun dirawat terlebih dahulu sampai benar-benar kondisinya siap ke alam bebas"

Ada info dari teman petugas bahwa kurang lebih 10-20 hari kedepan, satu sarang telur penyu akan segera menetas.

"Sepuluh atau dua puluh hari kedepan, insya Allah ada satu sarang lagi akan menetas, satu sarang yang dipindahkan pada tanggal 19 Januari kemarin," jelas Muliadi salah satu petugas Resor Jinato.

Sumber : Asri (PEH Penyelia) - Balai TN Taka Bonerate

Foto : Muliadi Staf SPTN Wilayah II Jinato

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini