Diskusi Awal Tahun Menuju Good Governance Balai TN Bogani Nani Wartabone

Senin, 13 Januari 2020

Kotamobagu, 11 Januari 2020. Awal tahun 2020, Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) rutin mengawalinya dengan rapat awal tahun di aula kantor Balai. Rapat kali ini membahas berbagai macam rencana aksi dan masalah yang di hadapi tahun 2020 untuk mendukung pelaksanaan kegiatan yang lebih baik. Rapat diikuti oleh seluruh ASN dan Tenaga kontrak TNBNW yang tersebar dari 3 Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN), mereka sangat antusias mengikuti rapat perdana awal tahun 2020 hal ini terlihat dalam pelaksaan rapat yang di mulai jam 09.00 dan berakhir sampai malam jam 21.30 akan tetapi tetap setia mengikuti rapat.

Diskusi yang menarik tentang pembahasan dengan di sertai adu argumentasi untuk arah perbaikan yang positif dan konstruktif namun tetap dalam suasana hangat. Point pembahasan Dalam rapat adalah terkait rencana besar kegiatan pengelolaan kawasan berbasis RBM (Resort Based Management), dengan mengadopsi 10 cara baru kelola kawasan konservasi yang di gagas oleh Dirjen KSDAE dimana Resort di jadikan ujung tombak pembaharuan konservasi dalam pelaksaan tugasnya. Kemudian di lanjutkan dengan pembahasan rencana bidang teknis yaitu, PEH (Pengendali Ekosistem Hutan), kemudian Polhut, Penyuluh dan dukungan Tata Usaha Balai. Selain kegiatan tersebut tidak lupa dilaksanakan pembahasan anggaran DIPA Tahun 2020, dengan melakukan prinsip anggaran yang transparan dan akuntabel maka diharapkan dapat memenuhi prinsip penerapan pemerintahan yang baik " good governance" sehingga tidak ada lagi sistem anggaran siluman.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kekompakan, saling percaya, soliditas dan kerjasama personil Balai TNBNW sehingga menciptakan iklim yang baik dalam mendukung pelaksanaan tugas sehari - hari. ASN dan tenaga kontrak harus memiliki inovasi dalam bertugas untuk menciptakan daya saing yang mampu berkompetitif di tengah perubahan jaman yang begitu cepat ujar Supriyanto Kepala Balai TNBNW. Sumber daya manusia merupakan kunci keberhasilan dalam mendukung pelaksanaan tugas sehari - hari dalam mewujudkan daya saing menuju indonesia maju. Dalam Akhir sambutannya, Supriyanto kepala balai TNBNW memberikan penutup bahwa tidak ada yang mampu melawan arus perubahan tetapi harus menerima perubahan dari sisi yang positif sehingga akan menjadi manusia yang unggul sebagai pemenang.


Sumber: Aris Udi Raharjo - Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini