TN Aketajawe Lolobata Jadi Bintang Tamu Talkshow Konservasi di Radio Insania FM

Jumat, 10 Januari 2020

Sofifi, 10 Januari 2020 - Mengawali promosi kegiatan di awal tahun 2020 Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) menjadi bintang tamu talkshow bersama Walhi di radio Insania FM, di Ternate. Talkshow ini dimulai pada pukul 09:00 s.d 10:00 WIT hari ini (10/01) dan dipandu oleh host dari Insania FM. Talkshow ini disiarkan secara langsung atau on air dengan tema “Biru Langitku, Hijau Bumiku” yang terbagi dalam 3 (tiga) sesi. Acara ini dilaksanakan dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Indonesia tanggal 10 Januari.

Sesi pertama berisi pandangan tentang berbagai bencana yang terjadi di negara kita beserta bagaimana pencegahannya. Sesi kedua tentang peran dari masing-masing instansi Balai TNAL dan Walhi. Pada sesi terakhir, masing-masing menceritakan tentang program atau kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2020.

 

Pada saat talkshow, Heri, Kepala Balai TNAL, memberikan gambaran tentang kawasan TNAL beserta perannya untuk masyarakat sekitar. Diantara kegiatan yang telah dilaksanakanakan pada tahun 2019 adalah kemitraan berbasis konservasi dan pemberian akses kepada masyarakat dalam mengelola Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK). Selain itu, Heri juga memaparkan rencana kegiatan di tahun 2020, diantaranya adalah upaya penyelamatan burung paruh bengkok milik Maluku Utara dengan pemantapan program Suaka Paruh Bengkok (SPB) di Desa Koli, Kecamatan Oba, peningkatan kemitraan konservasi, dan kegiatan unggulan itegrasi perlindungan, pengawetan, dan pemanfaatan lainnya.

Bintang tamu dari Walhi, yaitu Ahmad Rusdi yang menjabat sebagai Direktur Eksekutif Walhi Maluku Utara juga mengutarakan program-program yang sedang dilaksanakan. Program tersebut diantaranya adalah advokasi dan isu terkait perubahan iklim.

Sebagai penutup, Kepala Balai TNAL mengatakan bahwa, “Bekerja di dunia konservasi harus ikhlas dan cerdas, karena berhubungan dengan berbagai pihak dan berbagai kepentingan”.

“Balai TNAL nanti akan turut mendukung pemerintah Provinsi Maluku Utara di bidang pengembangan wisata, yaitu dengan mendukung kegiatan Festival Aketajwe”, tutup Heri. Rencana kegiatan festival tersebut ddalah aalam rangka promosi TNAL sebagai salah satu destinasi wisata unggulan Maluku Utara.

 

Sumber: Akhmad David Kurnia Putra (Polhut) - Balai TN. Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini