Tingkatkan Kekompakan, Balai TN Aketajawe Lolobata Lakukan Family Gathering di Pulau Morotai

Rabu, 08 Januari 2020

Sofifi, 8 Januari 2020. Menjaga etos kerja dan kekompakan dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan pimpinan adalah suatu tantangan tersediri. Begitu juga dengan meningkatkan semangat kerja. Alasan tersebutlah yang membuat, Heri, Kepala Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) mengadakan kegiatan family gathering keluarga besar Balai TNAL.

“Saya ingin menjaga dan meningkatkan semangat kerja dan kekeluargaan dalam kegiatan family gathering ini”, kata Heri.

Kegiatan yang menyenangkan ini disambut baik oleh seluruh pegawai Balai TNAL, tak terkecuali pegawai kontrak. Kepala Balai juga memerintahkan agar seluruh pegawai membawa serta keluarganya.

Family gathering dilaksanakan selama 2 hari di Morotai, yaitu pada tanggal 2 – 4 Januari 2020. Perjalanan menggunakan mobil dinas dan 2 bus dari Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Utara. Dalam perjalanan, rombongan menyempatkan berkunjung di Pantai Kupa-Kupa untuk istirahat makan siang dan berenang di pemandian air panas di Galela. Sebelum melakukan perjalanan ke pulau Morotai, rombongan menginap terlebih dahulu di Tobelo, Halmahera Utara. Hal ini dikarenakan jadwal penyeberangan kapal ferry jurusan Tobelo-Morotai adalah pagi hari, pukul 08:00.

Keesokan harinya, setelah sarapan di penginapan, rombongan Balai TNAL tiba di D’Aloha Resort, pulau Morotai sekitar pukul 11:30. Rombongan disambut dengan hangat oleh pengelola D’Aloha Resort dan dipersilahkan untuk makan siang sebelum menuju pulau Dodola. Setelah makan siang, perjalanan dilanjutkan menuju pulau Dodola menggunakan 4 buah speed boat. Pulau Dodola merupakan salah satu destinasi utama di Morotai yang menjadi 10 Bali Baru.

Sampai di pulau Dodola, rombongan berkumpul untuk diberikan penjelasan tentang kegiatan ini oleh panitia acara di Morotai, diantaranya adalah waktu untuk bersenang-senang dan waktu untuk kegiatan fun games yang dapat menambah kebersamaan tim pegawai Balai TNAL. Fun games yang dilaksanakan antara lain tentang kekompakan, kerjasama tim, konsentrasi dan kecepatan dalam menerima perintah. Pemenang fun games adalah tim Balai dan berhak atas hadiah dari Kepala Balai TNAL. Sekitar pukul 18:00, tim family gathering kembali ke D’Aloha Resort untuk istirahat sebelum kegiatan ramah tamah dan renungan pada malam harinya.

Sekitar pukul 20:00, seluruh keluarga besar Balai TNAL berkumpul di pantai untuk menikmati makan malam dengan barbeque dan api unggun yang disiapkan oleh pengelola penginapan. Setelah makan malam, acara dilanjutkan dengan pemberian motivasi oleh Kepala Balai dan para pejabat struktural, perkenalan Ibu Dharma Wanita, ramah tamah dan pemberian apresiasi terhadap pegawai TNAL yang berprestasi. Pegawai berprestasi tersebut adalah:

  1. Atiti Kotango, Aep Gun Gun Wigandi, dan Oo Odih Sehendi sebagai pegawai dengan dedikasi terbaik.
  2. Fuad Mansyur, sebagai tenaga kontrak serbaguna.
  3. Sukardi, yaitu tenaga kontrak penemu pertama lebah raksasa wallcea (Megachile pluto) di dalam kawasan Taman Nasional Aketajawe Lolobata.
  4. Eben Ambeua sebagai tenaga kontrak yang giat mengkampanyekan tentang lingkungan.
  5. Herdi Dwi Hariyanto sebagai pegawai favorit TNAL diberikan kepada yang di pilih secara langsung dengan suara terbanyak.

Keesokan harinya rombongan melakukan perjalanan wisata ke Museum Perang Dunia II dan Trikora dan wisata Air Kaca sampai pukul 12:00. Pada acara ini juga dilakukan pelepasliaran burung paruh bengkok jenis Kasturi Ternate sub spesies Morotai di air terjun Nakamura sebanyak 5 ekor. Setelah kegiatan tersebut selesai, rombongan keluarga besar Balai TNAL melakukan perjalanan menuju kantor Balai TNAL di Sofifi.

Sumber: Akhmad David Kurnia Putra – Polisi Kehutanan Balai TN. Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini