Saleh Rahman : Sudah 1.224 Bibit Cemara Laut yang Ditanam Tahun 2019

Senin, 06 Januari 2020

Taman Nasional Taka Bonerate - Kepulauan Selayar, 6 Januari 2020. Tanaman Casuarina equisetifolia atau yang kita kenal Cemara Laut selain memiliki kegunaan utama sebagai penyejuk pesisir pantai, menyuburkan tanah, mencegah abrasi dan penahan gelombang Tsunami.

Taman Nasional Taka Bonerate (TNTBR) dikenal dengan karakter kawasan yang didominasi oleh pulau-pulau kecil yang tentu saja sangat rentan dengan abrasi, maka salah satu program yang dilaksanakan adalah penanaman pohon Cemara Laut. Selama kurung waktu 1 tahun sudah ada 1.224 pohon yang ditanam.

"Selama kurung waktu setahun yaitu dimulai dari 1 Januari sd 31 Desember 2019 Taman Nasional Taka Bonerate giat melaksanakan penanaman pohon. Terhitung sebanyak 1.224 bibit pohon Cemara Laut sudah ditanam baik dalam maupun luar kawasan," jelas Saleh Rahman sebagai koordinator fungsional PEH Balai TN Taka Bonerate dan pelaksana program.

Selain di dalam kawasan TNTBR, giat menanam juga dilakukan diluar kawasan. Sebanyak 364 pohon ditanam di luar kawasan dan 860 pohon yang ditanam di dalam kawasan TN Taka Bonerate.

Penanaman pohon Cemara Laut dalam Kawasan Taman Nasional Taka Bonerate ditujukan untuk :
1. Meningkatkan kualitas udara disekitar lokasi penanaman,
2. Meningkatkan kualitas air tanah sehingga diharapkan suatu saat menjadi tawar dan layak konsumsi, utamanya di pulau Tinabo,
3. Melindungi tanah dari erosi oleh air laut maupun oleh angin,
4. Sebagai media pembelajaran bagi masyarakat untuk lebih menghargai lingkungan tempat mereka tinggal dengan adanya pohon-pohon peneduh.

Penaman pohon cemara ini disisipkan pada setiap kegiatan-kegiatan Balai TN Taka Bonerate, juga pada setiap tamu yang berkunjung dan kemudian diberi label nama si penanam. Dengan tujuan jika datang lagi pengunjung bisa melihat perkembangan pohon yang ditanamnya.

Saleh Rahman menyampaikan ucapan terima kasih kepada kepala balai dan pejabat struktural serta seluruh rekan-rekan yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu atas partisipasinya dalam kegiatan penanaman pohon Cemara Laut "Casuarina equisetifolia"

Kepala Balai Faat Rudhianto mengatakan, "Semoga tahun ini dan seterusnya bibit cemara yg ditaman bisa tumbuh subur. Dan semoga kedepannya jumlah pohon yang ditanam lebih banyak lagi sehingga dapat menghijaukan pulau -pulau lain dalam kawasan."

Sumber : Asri - PEH Penyelia Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini