BKSDA Kalteng Memulai Tahun 2020 dengan Penyelamatan 2 Orangutan Jantan di Pangkalan Bun

Senin, 06 Januari 2020

Pangkalan Bun, 6 Januari 2020.  Mengawali tahun 2020 tepatnya tanggal 03 Januari, BKSDA Kalimantan Tengah bersama Orangutan Foundation International (OFI) melakukan rescue terhadap 2 (dua) individu orangutan jantan di 2 lokasi berbeda di Kabupaten Kotawaringin Barat.

Keberadaan orangutan pertama dilaporkan oleh Bapak Nurani, warga Desa Tanjung Putri, Kec. Arut Selatan yang mendapati orangutan sedang berada di kebun miliknya. Setelah mendapatkan laporan tersebut pukul 09.00 WIB, Tim Wildlife Rescue Unit SKW II-BKSDA Kalteng bersama OFI menuju lokasi dan melakukan rescue terhadap orangutan yang diperkirakan berusia 40 tahun tersebut.

Orangutan jantan kedua direscue dari Jalan Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama Km. 16, Kelurahan Mendawai Seberang, Kec. Arut Selatan. Keberadaan orangutan tersebut dilaporkan oleh Bapak Jamri yang telah melakukan pemantauan tentang keberadaan orangutan jantan di kebunnya sejak 31 Desember 2019. Pukul 16.00 WIB, Tim WRU SKW II BKSDA Kalteng bersama OFI berhasil merescue orangutan jantan berusia 25 tahun dengan berat 92,5 Kg tersebut. Selanjutnya kedua orangutan jantan tersebut di bawa ke Orangutan Care  Centre Quarantine (OCCQ) Pasir panjang untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan untuk mengambil tindakan lebih lanjut.

Setelah dinyatakan sehat dan layak, pada tanggal 4 Januari 2020, orangutan jantan yang direscue  dari Jalan Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama, di release di Anak Sungai Muara Ali yang berbatasan dengan Taman Nasional Tanjung Puting.

Untuk orangutan hasil rescue di Desa Tanjung Putri belum di lakukan translokasi, menunggu hasil pemeriksaan lebih lanjut dan mempertimbangkan kondisi dimana jantan tersebut tidak memiliki gigi taring dan usia sudah tua yang dikhawatirkan akan kalah bila bertemu jantan liar lainnya di alam.

Sumber : Balai KSDA Kalimantan Tengah

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini