Refleksi 2019 Balai TN Taka Bonerate, untuk Semangat Kerja 2020

Jumat, 03 Januari 2020

Kepulauan Selayar, 03 Janurai 2020 - Tahun 2019 sudah berlalu, namun bijaklah kita harus belajar dari waktu-waktu yang berlalu. Hari ini (03/01) berlangsung rapat perdana Balai TN Taka Bonerate di ruang rapat. Rapat dipimpin langsung oleh kepala balai Faat Rudhianto yang didampingi Kepala Sub Tata Usaha Usman. Hadir dalam kegiatan ini para Kepala SPTN I dan II, pejabat fungsional PEH, Polhut, Penyuluh dan staf Balai TN Taka Bonerate.

"Seperti undangan yang dibagikan dalam group WhatsApp kemarin oleh Ka Subag TU, hari ini kita akan mengadakan rapat Refleksi Kegiatan Tahun 2019 yang sudah berlalu" ucap kepala balai memulai rapat.

Lanjut kepala balai menyampaikan bahwa semua kegiatan kita bukan hanya semata penyerapan anggaran namun bagaimana kegiatan tersebut bisa dirasakan oleh masyarakat dan memberi kontribusi ke negara. Dengan harapan bahwa TN Taka Bonerate bisa benar-benar menjaga ketahanan pangan, keanekaragaman hayati, fungsi ekologi kawasan konservasinya, dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Tahun ini harus lebih meningkat di banding tahun 2019, Bidang Fungsional Polhut, Penyuluh, PEH, semua bidang fungsional sudah berjalan dengan baik, namun kelompok kerja (pokja) perlu ditingkatkan.

Contoh kegiatan yang harus ada tahun ini adalah Survey Kepuasan Pengunjung karena mengelolah wisata itu bukan apa yang kita suka tapi apa yang tamu sukai. Promosi wisata harus lebih baik lagi dan ditingkatkan, bukan hanya Pulau Tinabo yang dikunjungi oleh wisatawan, tapi tempat-tempat lain juga harus dipromosikan.

"Survey kepuasan pengunjung salah satu tujuan pentingnya adalah untuk mengetahui apakah fasilitas, pelayanan yang kita berikan benar-benar berkualitas dan mampu memuaskan tamu atau tidak" jelas Faat Rudhianto.

Banyak hal yang disampaikan oleh kepala balai untuk meningkatkan pelayanan dan pengelolaan Balai TN Taka Bonerate lebih baik kedepan. "Refleksi ini juga sebagai penyemangat teman-teman dalam bekerja untuk tahun 2020 yang lebih baik dan terus berbenah, saya ucapkan banyak terima kasih kepada kita semua untuk capaian kinerja tahun 2019" tutup Kepala Balai

Setelah pengantar dari Kepala Balai, rapat refleksi ini dilanjutkan dengan penyampaian materi refleksi pagu dan realisasi anggaran tahun 2019 oleh Kepala Sub Tata Usaha TN Taka Bonerate, Usman. Sekedar informasi bahwa capaian realisasi anggaran berdasarkan laporan model A per tanggal 31 Desember 2019 Balai TN Taka Bonerate sebesar 99,02% dari pagu Rp.12.155.157.

Kemudian di penghujung acara, dibuka sesi tanya-jawab untuk mendengarkan masukan dari peserta rapat. Kemudian pengaturan jadwal dan penanggung jawab kegiatan atau program tahun 2020.

  

Sumber : Asri - PEH Balai TN Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini