Makin Lajulah Berproduksi, Kelompok Binaan SPTN Wilayah I Pulau Kelapa

Jumat, 27 Desember 2019

Pulau Kelapa Dua, 27 Desember 2019. Sebagai upaya pemberdayaan masyarakat di dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Seribu dan menumbuhkan daya juang peningkatan perekonomian masyarakat, maka pada tanggal 18 Desember 2019 dilakukan penyerahan bantuan usaha ekonomi produktif kepada Sentra Penyuluh Kehutanan Pedesaan (SPKP) Bintang Laut yang merupakan masyarakat binaan di SPTN Wilayah I Pulau Kelapa Dua, Taman Nasional Kepulauan Seribu.

Penyerahan dilakukan langsung oleh Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I, Bapak Isai Yusidarta, S.T., M.T., kepada ketua SPKP Bintang Laut, Bapak Iskandar. Bantuan yang diserahkan berupa peralatan penunjang produksi dan kemasan dengan nilai sejumlah Rp 40.000.000, yaitu: mixer daging, mixer adonan kue, etalase, microwave, penggorengan stainless, panci stainless, pisau daging, plastik dan label kemasan dan printer stiker.

SPKP Bintang Laut dalam pengembangan kelompoknya membentuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang beranggotakan ibu-ibu rumah tangga di sekitar Pulau Kelapa Dua yang masing-masing terdiri dari 10 orang anggota. Terdapat 5 (lima) KUBE, yaitu: KUBE stik cumi, KUBE krispi ikan selar, KUBE nugget ikan, KUBE pilus ikan dan KUBE masakan siap saji.

Berdasarkan laporan bulanan penjualan pada KUBE stik cumi telah berjalan dengan baik. Poduksi Stik cumi sudah mencapai 500-800 bungkus atau sekitar 15 kg cumi perbulan, sehingga dengan bantuan ini diperoleh peningkatanproduksi hingga 2(dua) kali lipat menjadi 1.000 bungkus/bulan. Selain itu dengan mengusung zero waste dan mendukung program Pemkab Kepulauan Seribu, yaitu “Pulauku Nol Sampah”, perbaikan kemasan ramah lingkungan dan lebih menarikpun dilakukan, sehingga dapat menembus pasar wisatawan di Pulau-Pulau Resort di Kepulauan Seribu.

Sumber: Wira Saut Simanjuntak - Penyuluh Kehutanan Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini