Penguatan Kelembagaan Kemitraan Konservasi TWA Pelaihari

Jumat, 27 Desember 2019

Batakan, 21 Desember 2019 – Bertempat di Kantor Resort Taman Wisata Alam (TWA) Pelaihari, Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc.  didampingi Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Pelaihari Mirta Sari, S.Hut, M.P beserta Kepala Resort Alfredo de Arojo dan staf Resort TWA Pelaihari melakukan kegiatan penataan kelompok mitra konservasi  jasa wisata warung di kawasan TWA Pelaihari. Untuk memantapkan kerjasama  pemanfaatan jasa wisata, Balai KSDA Kalimantan Selatan melakukan pembinaan penataan sarana dan prasarana di TWA Pelaihari pada tahun 2020. Kegiatan penataan kelompok jasa wisata warung yang diketuai oleh Bapak Ahmadi merupakan kegiatan lanjutan dari urun rembuk kegiatan kemitraan konservasi di TWA Pelaihari Desa Batakan.

Dalam Kesempatan kali ini, Kepala Balai KSDA Kalimantan Selatan menyampaikan terkait penataan warung makanan dan minuman di sekitar Pantai Batakan yang merupakan kawasan TWA Pelaihari. Kepala Balai KSDA Kalsel mengharapkan penataan kelompok jasa wisata warung dilakukan sesuai Petujuk Teknis Kemitraan Konservasi Pada KSA dan KPA yang dalam perencanaan penataan dan pengembangan ekowisata yang bertujuan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan penataan kelompok ini juga meneruskan usulan dan permintaan dari anggota-anggota kelompok terkait usulan perbaikan sarana dan prasarana. Dalam target dekat, pihak BKSDA Kalimantan Selatan dan Resort akan membantu mencetakkan menu  untuk setiap warung makan dan minuman beserta daftar harga agar memudahkan para pengunjung pantai Batakan TWA Pelaihari yang berwisata di Pantai Batakan.

Ahmadi berharap pertemuan seperti ini dapat dilakukan secara rutin agar terbangun kekompakan dan kebersamaan. Kelompok Usaha Ikan Kering meminta slot tempat yang strategis agar laku dagangannya. Insya Allah mulai tahun 2020 kita bersama Pemda Tanah Laut akan menyepakati tiket untuk masuk yang sesuai peraturan yang berlaku, pungkas Mahrus. (ryn)

Sumber : Nadya Arta Uly Siagian, S.H - Polhut Seksi Konservasi Wilayah I Pelaihari Balai KSDA Kalimantan Selatan 

2WhatsApp Image 2019-12-27 at 13.09.07

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini