Pulau Sepadan dan Bukit Tekenang, Destinasi Baru Wisata TaNa Bentarum

Kamis, 26 Desember 2019

Semitau,  25  Desember 2019. Libur Natal dan Tahun Baru  menjadi momen masyarakat untuk mengunjungi tempat wisata bersama keluarga, tak terkecuali tempat wisata andalan Kapuas Hulu yang terletak di kawasan Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS), yaitu Pulau Sepandan dan Bukit Tekenang. Kedua tempat ini menjadi kawasan wisata yang dikembangkan oleh Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (Tana Bentarum) bersama mitra dengan melibatkan masyarakat dalam pengelolaannya. Selain dapat menikmati view Danau Sentarum dari puncak Pulau Sepandan dan Bukit Tekenang yang menjadi andalan, pengunjung juga bisa menikmati atraksi wisata lainnya seperti tracking, animal watching, canoing di tengah danau, untuk masyarakat yang akan menginap di Bukit Tekenang disediakan guest house  dengan fasilitas yang cukup lengkap, fasilitas mushola dan toilet umum serta pengamanan 24 jam bahkan untuk masyarakat yang datang dengan rombongan keluarga bisa menyewa Kapal Wisata Bandong dengan kapasitas 100 (seratus) orang.

Menurut Kepala Seksi Wilayah VI Semitau Lulu Sutrisno menyampaikan pengembangan wisata alam yang ada di Bukit Tekenang  baik dari sarana dan prasarana dan lain – lain  tujuannya adalah untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan dalam berwisata di  kawasan TNDS, selain itu dapat meningkatkan nilai ekonomi bagi masyarakat sekitar kawasan melalui jasa transportasi, guide maupun kuliner pada khususnya, serta meningkatkan nilai ekonomi bagi sektor pariwisata di Kapuas Hulu pada umumnya. Dengan meningkatkan potensi wisata yang ada di TNDS diharapkan diiringi juga dengan kesadaran pengunjung  untuk bijak dalam berwisata diantaranya dengan tetap menjaga kebersihan  dan tidak melakukan vandalisme terhadap objek wisata serta sarana prasarana yang ada.

“Pesona Bukit Tekenang sangat bagus dan menarik namun kendalanya adalah belum adanya transportasi umum atau angkutan resmi dari Semitau dan Suhaid yang bisa mengantar wisatawan ke Bukit Tekenang” Ujar salah satu wisatawan dari Kecamatan Suhaid.

Selain Bukit Tekenang tempat wisata Pulau Sepandan yang baru beberapa  tahun ini dikembangkan dengan peningkatan sarana dan prasarana wisata sangat menarik untuk dikunjungi, “membangun wisata Pulau Sepandan yang sudah cukup baik ini harus dijaga bersama, karena kegiatan wisata yang kita bangun sebenarnya adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar Desa Sepandan dan Desa Lanjak Deras sebagi desa penyangga kawasan” tutur Kepala Seksi Wilayah V Selimbau, Desra Zullimanysah

“saya sangat senang berwisata di Pulau Sepandan dan baru tahu  ada wisata disini” ujar salah satu pengunjung yang berasal dari Pontianak.

Sampai saat ini jumlah wisatawan yang datang ke Pulau Sepandan dan Bukit Tekenang sebanyak 178 orang, jumlah pengunjung akan semakin meningkat pada liburan akhir tahun, dimana banyak masyarakat yang menyongsong tahun baru dengan menikmati suasana  alam di kawasan Taman Nasional Danau Sentarum.

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini