Pokmas Baban Lestari Gali Ilmu Membuat Yogurt sampai ke Polije

Jumat, 20 Desember 2019

Jember, 19 Desember 2019. Kepala SPTN Wilayah III Kalibaru Balai Taman Nasional Meru Betiri (TN MerBeti), Sulistrianto, S.Si., M.Si. beserta stafnya mendampingi Kelompok Desa binaan Baban Lestari berguru ke Politeknik Negeri Jember (Polije). Melanjutkan pelatihan penanganan kambing etawa pada 25 November 2019 lalu, kali ini 4 orang perwakilan Baban Lestari praktek pelatihan pembuatan olahan susu kambing berupa yogurt dan kefir.

Pelatihan yang bertempat di Lab. Fakultas Perternakan Polije ini dibimbing oleh Dr.Merry Muspika MP, Dr Hariadi MP, Anda malika MP. Diawali dengan pemberian materi tentang pembuatan yogurt dan kefir dari susu kambing etawa dilanjutkan dengan praktek langsung. Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan hingga 5 jam terasa begitu cepat berlalu. Bagi mereka pembuatan yogurt dan kefir itu sederhana dan mudah diaplikasikan. Proses fermentasi yogurt  memerlukan waktu sedikitnya 14 jam sedang fermentasi kefir minimal 48 jam.

Dengan bekal ilmu yang didapatkan hari ini, tak sabar ingin segera dipraktekkan oleh Kelompok Baban Lestari. Sesuai dengan arahan Kepala Balai TN MerBeti, Maman Surahman, S.Hut., M.Si, masyarakat dapat menerapkan metode petik, olah, jual guna meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Kita dukung teknologi, peralatan dan pemasarannya. Melalui koperasi TN MerBeti bisa bekerjasama dengan masyarakat desa binaan TN sebagai agent pemasaran”. Kata Kabalai TN MerBeti.

Sumber: Balai Taman Nasional Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini