Balai TN. Kayan Mentarang Wujudkan Komitmen, Mendukung Usaha Ekonomi Produktif Masyarakat Penyangga

Jumat, 29 November 2019

Malinau, 29 November 2019. Balai TN. Kayan Mentarang menggelar Pelatihan Anyaman Rotan di Desa Long Jelet Kec. Pujungan Kab. Malinau Prov. Kalimantan Utara pada 22-23 November 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat di penyangga kawasan dalam membuat hasil kerajinan anyaman rotan dan menghasilkan produk yang sesuai dengan standar dan minat pasar. Desa Long Jelet sendiri memiliki potensi rotan yang cukup melimpah namun pemanfaatannya masih sangat minim dan hanya untuk penggunaan pribadi.

Kegiatan ini mendatangkan pelatih Kelompok Pengrajin “Puren” dari Krayan (Nunukan) yang telah lama berkiprah dalam memproduksi anyaman rotan dan bambu dan sudah merambah pasar global sejak tahun 2010. Diikuti sebanyak 30 orang peserta, pelatihan ini tak hanya melatih keterampilan masyarakat untuk menganyam tetapi juga standar ukuran, kualitas dan teknik pewarnaan yang menggunakan pewarna alami. Para peserta juga berbagi informasi mengenai Best Seller Product yang sangat diminati pasar.

“Pelatihan semacam ini merupakan kegiatan pertama yang diadakan di Desa Long Jelet, umumnya kegiatan pelatihan dilaksanakan di luar Desa sehingga tidak semua masyarakat dapat mengikutinya. Pemerintah Desa Long Jelet mengucapkan terimakasih kepada pelaksana kegiatan dan berharap adanya pendampingan berkelanjutan oleh Balai TN. Kayan Mentarang dan stakeholder terkait agar produk anyaman Desa Long Jelet dapat dikenal masyarakat luas dan mendapat pasar” ungkap Yunus Usang, Kepala Desa Long Jelet yang di wawancari usai pelatihan.

Sumber: Balai Taman Nasional Kayan Mentarang

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini