Selamat Datang Mitsui Sumitomo Insurance Group di Suaka Margasatwa Paliyan

Selasa, 26 November 2019

Yogyakarta 26 November 2019, Sebanyak tigapuluh karyawan Mitsui Sumitomo Insurance Group (MSIG) dari Jepang, mengunjungi SM Paliyan hari Minggu (24/11/19). Kunjungan karyawan MSIG tersebut dimaksudkan untuk mempelajari proses  pemulihan ekosistem di SM Paliyan dan social forestry terhadap masyarakat di sekitar kawasan hutan.

Dalam sambutannya, Kepala Balai KSDA Yogyakarta, M. Wahyudi, menyampaikan apresiasinya terhadap MSIG. "Kami mengucapkan terimakasih kepada MSIG yang telah peduli terhadap pemulihan ekosistem kawasan SM Paliyan. Dengan keberhasilan pemulihan ekosistem di SM Paliyan ini, kami berharap agar MSIG semakin peduli terhadap kawasan dan mendukung pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan." tuturnya.

Kunjungan dilanjutkan dengan peninjauan ke top hill (payung), goa dan petak 141 serta kunjungan ke lokasi penanaman kayu sengon di lahan milik masyarakat. Setiap tahunnya MSIG melalui PT.  RPI membagikan 40 ribu hingga 50 ribu bibit sengon untuk ditanam masyarakat sebagai upaya peningkatan pendapatan masyarakat serta penghijauan.

Dalam kunjungan ini juga dilakukan penanaman bersama di Petak 136 dengan dibantu oleh siswa siswi SD Paliyan, serta pemberian bantuan  buku oleh rombongan MSIG kepada siswa siswi SD Paliyan.

Untuk kawasan SM Paliyan, pada tahun 2019 ini, MSIG telah mencanangkan pembangunan fisik berupa perbaikan gedung/aula pendidikan SM Paliyan serta pembangunan Mushola SM paliyan yang berada di samping aula SM Paliyan.

Menutup rangkaian kunjungan ini, rombongan MSIG berkunjung Ke Demplot KTH Sodong Makmur untuk melihat usaha pertanian, peternakan serta kearifan lokal berupa rumah tradisional dan cara hidup serta  keseharian masyarakat di sekitar kawasan SM Paliyan.

Sumber : Nur Surantiwi (Penyuluh Muda BKSDA Yogyakarta)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini