Peran MMP dan MPA Desa Klakah, Kecamatan Selo dalam Penanganan Kebakaran Hutan di Lereng Utara Gunung Merapi

Kamis, 03 Oktober 2019

Boyolali, 2 Oktober 2019. Musim kemarau yang panjang ini, semua pihak harus meningkatkan kewaspadaan akan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.  Pada tanggal 1 Oktober 2019 pukul 19.31 terpantau adanya kebakaran hutan dan lahan di Dukuh Bakalan, Desa Klakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali.  Area ini merupakan lereng utara Gunung Merapi, masuk wilayah kerja Resort Selo, SPTN Wilayah II Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM). 

Kejadian ini diketahui awalnya dari informasi masyarakat, dan diteruskan kepada petugas Resort Selo.  Kemudian petugas Resort Selo menghubungi para anggota Masyarakat Mitra Polhut (MMP) dan Masyarakat Peduli Api (MPA) di sekitar lokasi kejadian, untuk dapat segera memadamkan kebakaran.  Kemudian petugas Resort Selo BTNGM beserta anggota Polsek Selo menyusul ke lokasi pada pukul 21.00, dan sekitar pukul 21.43 berkumpul di rumah pak Parno, untuk dilakukan koordinasi.

Dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan ini, masyarakat Desa Klakah (Dukuh Bakalan dan Dukuh Sumber) dan Desa Jrakah (Dukuh Sepi), serta kepala desa berikut aparat desa Klakah juga turut berperan langsung dalam proses pemadaman, hingga dapat dipastikan 99% aman terkendali.

Sebagai informasi, para anggota MMP dan MPA ini awalnya kepeduliannya terhadap lingkungan rendah, akan tetapi dengan hubungan erat dan koordinasi petugas Resort Selo SPTN Wilayah II BTNGM, maka timbul semangat untuk bersama-sama melindungi alam maupun hutan konservasi. 

 Sedangkan untuk pengecekan (mop up) akan dilaksanakan esok hari, mengingat waktu telah larut malam.   Selanjutnya petugas Resort Selo tetap berjaga di kantor resort.

Keesokan harinya, Rabu, 2 Oktober 2019 dilakukan pengecekan (mop up) ke wilayah bekas kebakaran, oleh para petugas SPTN Wilayah II BTNGM sebanyak 15 orang beserta anggota MMP Bakalan – Sumber, Desa Klakah sebanyak 15 orang.  Dari hasil pengecekan, dapat diperoleh data bahwa luasan kebakaran sekitar 378 m2, pada titik koordinat UTM X 0438451, Y 9168487, blok Semenan. 

Dalam kesempatan ini, besar apresiasi dari BTNGM terhadap masyarakat sekitar kawasan hutan konservasi TNGM, terutama anggota MMP, MPA, aparat desa Klakah, serta masyarakat daerah penyangga sekitar kawasan yang telah sigap melakukan pemadaman.   Semoga tidak ada kebakaran hutan lagi di masa yang akan datang.

Sumber : Balai TN Gunung Merapi

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini