Saka Pramuka Wanabakti Cabang Kapuas Hulu Ikut Seleksi PERTIKAWAN 2019

Jumat, 27 September 2019

Putussibau, 26 September 2019. Satuan Karya (Saka) Pramuka Wanabakti Cabang Kapuas Hulu di bawah bimbingan Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TaNa Bentarum) telah melaksanakan seleksi calon peserta PERTIKAWAN Tahun 2019 yang akan dihelat di Cibubur Jakarta. Kegiatan seleksi tersebut dilaksanakan di Sekretariat Saka Wanabakti Cabang Kapuas Hulu Jln. Antasari No 4 Putussibau Utara, dimulai pada tanggal 15 s/d 25 September2019. Seleksi diikuti oleh anggota Saka Wanabakti yang telah memenuhi syarat yaitu paling rendah Penegak Bantara sebanyak 76 orang berasal dari Saka Wanabakti ranting yang ada di Kapuas Hulu.

Seleksi merupakan bagian dari tahap penentuan peserta terbaik dari semua anggota, juga sebagai ajang persaingan antar anggota untuk membuktikan bahwa mereka layak dipilih untuk mengikuti kegiatan PERTIKAWAN. Kegiatan seleksi juga diharapkan bisa mengembangkan sumber daya kaum muda agar menjadi warga negara yang berkualitas dan mampu memberikan sumbangan positif bagi masyarakat dan negara.

Pada tahap seleksi diuji sejauh mana minat, pengetahuan, kemampuan, keterampilan dan pengelaman dalam bidang Kesakaan. Seluruh aspek tersebut akan menjadi bekal bagi mereka untuk mengikuti kegiatan PERTIKAWAN. Prinsip utamnya adalah teguh dan kreatif serta berjiwa pancasila, ikatan tali persaudaraan, kesatuan dan persatuan, serta menanamkan rasa cinta seni budaya daerah.

Pinsaka Wanabakti Cabang kapuas Hulu , Kak ArdiAndono menyampaikan bahwa kegiatan seleksi harus dilaksanakan karena banyaknya peserta yang berminat mengikuti kegiatan PERTIKAWAN. Untuk menentukan peserta yang ikut harus dilaksanakan proses seleksi supaya adil dan tidak ada intervensi dari pihak manapun, setiap peserta mempunyai kesempatan bersaing secara sehat.“Materi seleksi adalah tes tertulis, wawancara, bintek kesakaan, fisik, Teknik Kepramukaan, mengusai alat musik dan tarian daerah serta keaktifan selama menjadi anggota Saka dan prestasi yang pernah didapat”, pungkas Kak Ardi.Sementara itu Pamong Saka Wanabakti Cabang Kapuas Hulu,Kak Mustar selaku panitia seleksi juga mengatakan seleksi ini untuk menentukan peserta yang terpilih dalam kegiatan PERTIKAWAN juga memberikan motivasi kepada peserta yang belum tepilih untuk bisa menunjukan prestasinya di masa yang akan datang demi kemajuan Saka Wanabakti.

Setelah dilaksanakan kegiatan seleksi yang sangat ketat karena setiap peserta saling menunjukan kemampuannya,panitia telah memutuskan 16 orang peserta terdiri dari 8 putra dan 8  putri terbaik yang akan mewakili Saka Wanabakti Cabang Kapuas Hulu pada Pertikawan Tahun 2019 di Cibubur. 

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini