Konsistensi Peningkatan Kapasitas Polhut, Polhut Balai TN Bogani Nani Wartabone Ikut Pendidikan dan Latihan Dasar Intelijen

Rabu, 26 Juni 2019

Kotamobagu, 26 Juni 2019. Konsistensi sebagai peningkatan kapasitas POLHUT, Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) menyambut hangat undangan dari Direktorat Pencegahan dan Pengamananan Hutan (PPH), Direktorat Jenderal Penegakan Hukum (Gakkum) yang bekerjasama dengan NGO UNBP, melalui kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar Intelijen. Balai TN BNW mengirimkan anggota POLHUT nya yang bernama Agus Anto Juanto dari Resort Tulabolo Pinogu, Seksi Pengelolaan TN Wilayah I Limboto, Gorontalo.

Kegiatan dilaksanakan di Soreang, mulai tanggal 26 Juni sd 25 Juli 2019 yang dibuka secara resmi pada tanggal 26 Juni 2019 oleh Sekditjen Gakum di Lemdik Intelkam POLRI – Bandung. Dalam sambutannya disampaikan “lebih baik melakukan pencegahan sebelum terjadinya suatu kegiatan tindak pidana di bidang kehutanan”. Diklat ini dilaksanakan setara dengan 200 jpl, dan dihadiri sebanyak 30 peserta perwakilan Dirjen Gakum, Dirjen KSDAE dan Dinas Kehutanan Provinsi. Dirjen KSDAE juga memberikan pembukaan yang diwakili oleh bapak Munarto, B.Sc.F., SP., M.M, (Kabag Organisasi dan Tata Laksana Setditjen KSDAE.

Dari Diklat Intelijen ini diharapkan peserta pelatihan dapat meningkatkan pengetahuan terkait teknik dasar penyelidikan, pengamanan guna mendukung  suksesnya kegiatan perlindungan dan pengamanan kawasan konservasi. Selain itu dapat menciptakan kondisi keamanan yang dinamis di lingkungan kerja sehingga organisasi dapat memiliki daya tahan dan daya tangkal terhadap setiap bentuk ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan baik dari dalam maupun luar organisasi, serta dapat menegakkan peraturan, utamanya dalam penegakan hukun sesuai tugas pokok dan fungsinya.

Intelijen berasal dari kata INTELIGENCIA, secara umum dapat diartikan sebagai kecerdasan yang disinonimkan dengan kepandaian, brilian, intelektual, serba tahu dan berakal. Pada kegiatan rutinitasnya seorang anggota POLHUT yang bertugas pada bagian intelijen harus memiliki tingkat kecerdasan diatas rata – rata, sehingga mampu mengetahui banyak informasi dalam mendukung pelaksanaan tugasnya.

Sumber : Kusmayanti, S.Hut – Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

daftarhajiumroh.com
kesiapan polhut perlu dipersiapkan demi kelangsungan hutan kita salam dari daftarhajiumroh.com situs informasi haji dan umroh , pilihan berbagai macam paket umroh terima kasih atas artikelnya