Pelepasliaran Beruang Madu, Paddington Berlari Menuju Hutan SM Lamandau

Senin, 01 April 2019

SM Lamandau, 26 Maret 2019. Balai KSDA Kalimantan Tengah bersama Orangutan Foundation (OF-UK) Indonesia melakukan pelepasliaran satu individu beruang madu di Suaka Margasatwa (SM) Lamandau. Beruang tersebut merupakan hasil penyerahan warga Desa Bukit Makmur, Kotawaringin Timur pada tanggal 12 September 2017 yang lalu. Oleh pemiliknya, beruang jantan ini dijadikan sebagai hewan peliharaan dan saat diserahkan masih berusia sekitar 2-3 tahun. Beruang ini kemudian diberi nama Paddington.

Saat diserahkan, Paddington masih memiliki sifat liar dan tidak jinak. Kemungkinan pemiliknya masih belum lama memeliharanya. Hanya saja, kondisi Paddington tampak agak kurus dan gigi taringnya tidak ada. Sehingga, beruang ini memerlukan waktu untuk memulihkan kondisi tubuh dan gigi taringnya kembali agar dapat bertahan hidup di hutan. Paddington kemudian ditranslokasi ke Camp Gemini, SM Lamandau pada tanggal 29 Oktober 2017 untuk dirawat dan dipulihkan kondisinya. Selama perawatan, Paddington diberikan pakan buah dan rayap yang terdapat di batang-batang kayu lapuk.

Setelah lebih dari 1 tahun menjalani perawatan dan pemulihan, kondisi Paddington menjadi lebih sehat dan pergerakannya lincah. Gigi taringnya sudah tumbuh normal dan dapat digunakan dengan baik untuk mencari rayap di batang kayu lapuk yang kami sediakan di kandangnya. Dengan sifat liarnya yang masih terlihat dan kondisi kesehatannya yang baik, maka Paddington siap untuk dilepasliarkan kembali ke hutan.

Tim membawa Paddington dengan kandang angkut ke lokasi pelepasliarannya di area Camp Gemini, SM Lamandau. Sesaat setelah pintu kandang dibuka, Paddington langsung berlari menuju ke dalam hutan dengan cepat, sampai akhirnya beruang Paddington menghilang dari pandangan. Semoga beruang madu Paddington sehat dan kerasan di Hutan SM Lamandau yang sejatinya merupakan rumah bagi Paddington dan teman-temannya. (BKSDA Kalteng-OF UK Indonesia)

Sumber: BKSDA Kalteng - OF UK Indonesia

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini