TNBTS Gelar Upacara Sumpah Pemuda ke 90 Di Ranu Kumbolo

Rabu, 31 Oktober 2018

Lumajang, 31 Oktober 2018. Upacara Sumpah Pemuda di Ranu Kumbolo merupakan kegiatan event tahunan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), dan event  tahunan juga bagi pemerintahan Kabupaten Lumajang, sehingga kami bersinergitas bersama-sama melakukan kegiatan upacara sumpah pemuda di Ranu Kumbolo ini.

Sumpah Pemuda yang ke 90 ini, TNBTS mengusung tema “Bakti Pemuda Untuk Alam” Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan rasa kesadaran dan kecintaan terhadap alam kepada pemuda pemudi Indonesia sebagai generasi penerus bangsa dan generasi penerus konservasi alam.

Kegiatan upacara sumpah pemuda di Ranu Kumbolo dimulai tepat pada pukul 07.00 WIB, kegiatan upacara berlangsung dengan khidmat. Adapun sebagai inspektur upacara adalah Kapten Arh Siswoto, Pasi Ops Kodim 0821/Lumajang, dalam amanatnya beliau mengatakan bahwa pemuda pemudi harus melestarikan alam ini dengan menjaga kawasan hutan TNBTS sebagai penyangga kehidupan, diharapkan pemuda pemudi dapat menyampaikan pesan konservasi ini di wilayahnya masing-masing, ungkapnya demikian.

Kegiatan tersebut, diikuti oleh kurang lebih 800 an orang peserta terdiri dari petugas BBTNBTS, Polres Lumajang, Kodim O812 Lumajang, unsur Forkopimda dan Forkopimka Kabupaten Lumajang, Siswa-siswa sekolah (SMA/SMK) di wilayah Kab. Lumajang, dan Komunitas Pecinta  Alam ataupun Pecinta Alam perorangan.

 

Kegiatan diakhiri dengan bersih sampah disekitar camping ground Ranu Kumbolo dan kegiatan menanam pohon cemara di area menuju Tanjakan Cinta.

Agung Siswoyo, selaku Kepala RPTN Ranupane "Ada 200 bibit cemara gunung (Casuarina junghuhniana) yang ditanam di Tanjakan Cinta, hal tersebut dilakukan untuk mencegah erosi ketika hujan tiba", ungkapnya demikian. (Siti Maya)

 

Sumber : Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini