Sinergi antara BBKSDA Papua dengan Polda Papua: Kunjungan Kapolda Papua ke Kandang Transit Buper Waena, Jayapura

Rabu, 17 Oktober 2018

Jayapura, 24 September 2018. BBKSDA Papua mendapatkan kunjungan dari Kapolda Papua, Irjen. Pol. Martuani Sormin Siregar, pada Jumat sore (21/9). Bertempat di Kandang Transit, Buper Waena, Jayapura, kunjungan berlangsung dengan nuansa hangat penuh kekeluargaan. Bapak Kapolda mengelilingi bangunan kandang didampingi Kepala Balai Besar KSDA Papua, Ir. Timbul Batubara, M.Si., juga Koorspri (Koordinator Staf Pribadi) bersama tim. Tidak ada seremonial resmi dalam kunjungan tersebut.

Selama berkeliling kandang, Bapak Kapolda banyak mendiskusikan hal-hal terkait perawatan dan kesehatan satwa. Tenaga medis dari BBKSDA Papua, drh. Cyntia Sihombing, memberikan penjelasan untuk setiap pertanyaan yang diajukan Bapak Kapolda. Misalnya, saat beliau menanyakan perihal perawatan kasuari agar tetap bugar selama di dalam kandang, sebelum dilepasliarkan. Resep simpel diberikan oleh Cyntia, bahwa kasuari akan tetap prima bila banyak mengonsumsi buah tomat.

Selain itu, berbagai kelakar cerdas pun diungkapkan oleh Bapak Kapolda. Kelakar yang sanggup membuat audiens tertawa sekaligus merenung, karena berisi detail kehidupan masyarakat di Papua.

Kunjungan Bapak Kapolda ke Kandang Transit di Buper Waena merupakan langkah menuju penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara BBKSDA Papua dan Polda Papua. Rencananya penandatanganan dilangsungkan pada 15 Oktober 2018, bersamaan dengan penandatanganan PKS dengan WWF.

Di akhir perbincangan, Bapak Kapolda mengingatkan bahwa menyentuh masyarakat Papua harus dengan hati. Bagaimanapun berat dan banyak persoalan yang terjadi, termasuk persoalan kawasan konservasi dan berbagai persoalan lainnya, lambat laun pasti teratasi bila cara yang diambil tepat dan sesuai dengan karakter budaya yang unik, khas masyarakat Papua. Melaksanakan tugas pokok dan fungsi di Provinsi Papua menjadi tepat bila didasarkan pada kearifan lokal masyarakat Papua. (Dzikry)

 

Sumber : Balai Besar KSDA Papua 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini