Tim Gabungan Berhasil Mengevakuasi Orangutan Sumatera di Desa Ujung Padang Bakongan

Rabu, 10 Oktober 2018

Tapaktuan, 9 Oktober 2018. Tim Hocru OIC (orangutan information center) bersama BKSDA Aceh, TNGL dan Masyarakat, berhasil mengevakuasi Orangutan Sumatera (Pongo abelii) dari lahan perkebunan warga Gampoeng Padang, Kecamatan Bakongan, Kabupaten Aceh Selatan. 

Diduga Orangutan Sumatera ini terisolasi disebuah hutan kecil di sekitar desa tersebut. Kenyataan itu menjadi keterbatasnya untuk mendapatkan sumber makanan, sehingga terpaksa harus merusak tanaman budidaya perkebunan masyarakat sekitar. Melihat kondisi yang terjadi, warga bergegas memberikan informasi kepetugas dan akhirnya berhasil dievakuasi oleh tim gabungan dilapangan.

Berdasarkan informasi yang didapatkan, kedua individu Orangutan Sumatera tersebut merupakan ibu dan anak dengan perkiraan usia indukan ± 25 tahun. Sementara anaknya berjenis kelamin jantan berumur ± 1,5 tahun dalam kondisi sehat.

Selanjutnya, Orangutan Sumatera ini dilepasliarkan kembali ke alam yaitu di dalam block hutan rawa gambut Rantau Sialang, SPTN Wilayah II Kluet Utara, BPTN Wilayah I Tapaktuan, Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL).

Pada kesempatan itu juga Ka. BPTN Wilayah I Tapaktuan, Buana Darmansyah, S. Hut. T mengapresiasi masyarakat atas laporan gangguan satwa liar tersebut, setidaknya dengan adanya informasi yang diberikan, tentunya dapat mencegah ancaman kepunahan terhadap satwa lindung di alam.

 

Sumber: Balai Besar TN Gunung Leuser

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini