Cermat Konservasi Anak Pulau

Senin, 08 Oktober 2018

Pulau Pramuka, 6 Oktober 2018, Dibawah rindang pepohonan dan semilir angin area konservasi mangrove Pulau Pramuka 8 (delapan) regu utusan sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI) di wilayah Kepulauan Seribu tampak antusias mengikuti acara lomba cerdas cermat konservasi tingkat Sekolah Dasar/Sederajat yang diselenggarakan oleh Taman Nasional Kepulauan Seribu.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala SPTN Wilayah III Pulau Pramuka (Kusminardi SH.) Dalam sambutannya dihadapan peserta, guru pembimbing, juri dan penonton, beliau menegaskan bahwa diadakan lomba cerdas cermat ini bukanlah akhir dari pelajaran konservasi/muatan lokal (Mulok) di TN. Kep. Seribu namun sebagai evaluasi, membekali dan membentuk generasi penerus konservasi yang ada di pulau dalam menghadapi tantangan pelestarian alam dimasa yang akan datang.

Persiapan kegiatan telah dilakukan jauh jauh hari melalui  pemberitahuan kepada masing-masing sekolah, untuk mempersiapkan murid yang akan menjadi perwakilan sekolah untuk mengikuti lomba. Selama ini pendidikan dan pengetahuan konservasi telah di ajarkan oleh pihak TN. Kepulauan Seribu pada kegiatan muatan lokal pada sekolah-sekolah yang menjadi peserta. Lomba Cerdas Cermat Konservasi tingkat Sekolah Dasar/Sederajat ini diperuntukan bagi sekolah-sekolah yang berada kelurahan Pulau Panggang, Pulau Harapan dan Pulau Kelapa yang merupakan wilayah kerja Taman Nasional Kepulauan Seribu. Terdiri dari SDN Pulau Kelapa 01 Pagi, SDN Pulau Kelapa 02 Pagi, SDN Pulau Harapan 01 Pagi, Madrasah Ibtidaiyah Negeri 17 Kampus C Pulau Kelapa, SDN Pulau Panggang 01 Pagi, SDN Pulau Panggang 02 Pagi, SDN Pulau Panggang 03 Pagi, dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri 17 Kampus B Pulau Tidung.

Pada Sesi I 8 (delapan) yang menjadi peserta lomba diberikan kesempatan menjawab 8 (delapan) pertanyaan pengetahuan umum, matematika serta materi Mulok konservasi TN Kepulauan Seribu dan bila jawaban salah akan di berikan kesempatan kepada regu berikutnya untuk menjawab. Selanjutnya dilanjutkan Sesi II berupa pertanyaan Rebutan untuk menjaring 3 (tiga) regu dengan nilai tertingi yang akan masuk pada sesi final. 3 (tiga) regu yang memasuki babak final di berikan pertanyaan konservasi berupa pengenalan jenis tumbuhan dan satwa serta keterampilan mengolah sampah berupa pembuatan eco brick.

Pada kesempatan ini Juara I di menangkan oleh Regu B (SDN Pulau Kelapa 01 Pagi) dengan nilai 300 point, Jura II dimenangkan Regu H (SDN Pulau Panggang 01 Pagi) dengan nilai 235 point dan Juara III dimenangkan Regu C (Madrasah Ibtidaiyah Negeri 17 Kampus B Pulau Tidung) dengan nilai 185 point.

Kepada masing masing Sekolah/Regu pemenang diberikan Piala Juara I s/d III, Piagam serta semua peserta yang mengikuti mendapatkan paket bingkisan perlengkapan sekolah dan Tempat Air Minum (Tumbler).

Sumber : Balai TN. Kepulauan Seribu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini