Aksi Bersih Sampah Balai Taman Nasional Komodo bersama Mitra

Jumat, 05 Oktober 2018

Labuan Bajo, 5 Oktober 2018. 317 kg sampah plastik dikeluarkan dari Taman Nasional Komodo dalam kegiatan bersih sampah oleh Balai Taman Nasional Komodo (4/10). Sampah tersebut diambil dari tiga lokasi yakni Padar Selatan, Pink Beach dan Gililawa, dengan melibatkan beberapa mitra antara lain Trash Hero, P2L, WWF, TNI, Pemda Mabar, masyarakat, serta didukung oleh Ditjen PSLB3. Tidak hanya di daratan, aksi bersih sampah juga dilakukan di bawah laut yakni di perairan Pantai Merah. Sampah-sampah yang dikumpulkan dari bawah laut sebagian besar merupakan pecahan gelas dan botol.

Sampah-sampah yang dikumpulkan dalam kegiatan ini dipilah menurut jenisnya dan dibawa ke Labuan Bajo. Sampah-sampah daur ulang seperti botol plastik kemudian dibawa ke TPS 3R sedangkan sampah yang tidak bisa didaur ulang langsung dibawa ke TPA.

Selain merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Balai Taman Nasional Komodo bersama mitra, kegiatan bersih pantai ini juga dilakukan dalam rangka menyambut kunjungan peserta IMF-WB ke Taman Nasional Komodo pada pertengahan bulan Oktober ini. Kepala Balai TN Komodo Budhy Kurniawan menyampaikan apresiasinya kepada mitra yang ikut terlibat dan berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kepedulian dan kesadaran terhadap lingkungan. "Kami berterimakasih kepada kita semua yang hari ini ikut terlibat dan kami berharap semoga apa yang kita lakukan hari ini dapat meningkatkan kesadaran kita terhadap lingkungan. Taman Nasional Komodo milik kita bersama jadi mari kita tunjukkan kepedulian demi kelestariannya".

Bersih sampah bersama mitra merupakan salah satu skema penanganan sampah di Taman Nasional Komodo. Skema lain dilakukan dengan membentuk masyarakat peduli sampah (MPS) di Desa Komodo, Pasir Panjang dan Papagarang yang bertanggung jawab terhadap penanganan sampah di desa dan lokasi wisata terdekat.

 

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini