Tim Rescue Respon Cepat SKW II BKSDA Kalimantan Tengah Evakuasi Orangutan Jantan dari PLTD Kumai Hulu

Kamis, 20 September 2018

Palangka Raya, 20 September 2018. Tim Rescue Respon Cepat (TRRC) SKW II BKSDA Kalimantan Tengah bersama OFI telah berhasil melakukan evakuasi Orangutan (17/9) di Desa Kumai Hulu Kec. Kumai Kab. Kotawaringin Barat.

TRRC SKW II menerima laporan adanya keberadaan Orangutan pada hari Minggu tanggal 16 September 2018 Pukul 16.00 WIB, berlokasi di sekitar area PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) Kumai Hulu yang berdekatan dengan Pemukiman Desa Kumai Hulu Kec. Kumai Kab. Kotawaringin Barat. Keberadaan orangutan yang berada di areal bertegangan tinggi ini dikhawatirkan membahayakan operasional PLTD dan mengancam keselamatan satwa tersebut. Selanjutnya Tim Rescue langsung menuju lokasi tersebut dan mencoba melakukan evakuasi saat itu juga, namun saat itu Tim kehilangan jejak, kemudian Tim memutuskan untuk melanjutkan evakuasi esok hari.

Pada tanggal 17 September 2018 Tim berhasil melakukan evakuasi orangutan dilokasi tersebut, dengan identifikasi bekelamin Jantan, umur ± 30 tahun dan berat 65 Kg. Adapun kondisi lokasi di dominasi pohon akasia pada lokasi tersebut dengan Koordinat lokasi : -2.724149 111.728275. Status kawasan menurut SK 529 th 2012 : APL

Selanjutnya Orangutan tersebut di translokasi di kawasan sekitar Taman Nasional Tanjung Putting

Terdesaknya orangutan dari habitat alaminya karena berkurangnya areal hutan tempat mereka tinggal dan juga berakibat pada menurunnya keberadaan pakan alami mereka di alam. Hal ini berpotensi menimbulkan konflik manusia dengan orangutan yang bisa berujung pada pembantaian terhadap satwa itu. Oleh karena itu, kesadaran masyarakat dan respon cepat petugas sangat diperlukan dalam Upaya penyelamatan orangutan.

 

Sumber : Balai KSDA Kalimantan Tengah

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini