Menuju Kelompok Tani Sejahtera

Senin, 17 September 2018

Sarolangun, 5 September 2018. SKW I BKSDA Jambi melakukan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kelompok Tani Hutan (KTH) di Desa Petiduran Kec. Mandiangin Kab. Sarolangun. Peserta kegiatan pelatihan terdiri dari anggota Kelompok Tani Hutan Rimba Lestari berjumlah 22 orang dan KTH Hijau Lestari berjumlah 8 orang. Pada kegiatan ini KTH dibekali pengetahuan dan keterampilan yang mendukung dan sesuai dengan rencana usaha yang akan mereka jalankan. Dalam kegiatan ini BKSDA Jambi juga mengundang beberapa narasumber terkait.

Beberapa orang narasumber terkait kegiatan pelatihan ini antara lain Usman Mansur (Petani Gaharu) untuk Budidaya Gaharu, Baban Taufik (Petani Gambir) untuk Budidaya Gambir, Kepala SKW I BKSDA Jambi untuk Arah Kebijakan Pemberdayaan Masyarakat Lingkup KSDA Jambi, PPK Balai KSDA Jambi untuk Mekanisme Penyaluran Dana dan Pelaporan Keuangan, Penyuluh Kehutanan SKW I BKSDA Jambi untuk Administrasi dan Pendamping Kelompok Tani. Pada kegiatan ini dilakukan juga penyerahan bantuan ekonomi terhadap desa penyangga Cagar Alam Durian Luncuk I.

Kepala SKW I BKSDA Jambi, Udin Ikhwanuddin menyampaikan, “dari kegiatan ini diharapkan ada perubahan peningkatan pendapatan ekonomi secara dinamis dan berkelanjutan terhadap kedua kelompok tani tersebut. Diharapkan juga mereka dapat memberikan kontribusi dalam menajaga dan melestarikan sumber daya alam di Cagar Alam Durian Luncuk I.”

 

Sumber : Balai KSDA Jambi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini