Pendidikan Karakter Pada Generasi Muda Pulau Sumba

Jumat, 14 September 2018

Waingapu, 14 September 2018. Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti (TN Matalawa) mengadakan pertemuan dengan generasi muda yang ada di Kabupaten Sumba Barat dan Sumba Barat Daya. Pertemuan ini dihadiri oleh 40 generasi muda yang berasal dari siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kehutanan Mawodana-Sumba Barat Daya dan anggota Saka Wanabakti yang ada di Sumba Barat.

Generasi muda merupakan komponen penting pembangunan suatu daerah sebagai roda penggerak, oleh karena itu peran Taman Nasional sebagai institusi pemerintah yang membidangi konservasi hutan tergerak untuk membekali generasi muda sejak dini agar dapat menumbuhkan Sumber Daya Manusia yang memiliki karakter dan kepribadian yang cinta terhadap kelestarian alam dan lingkungan.

Pada pertemuan ini, tema yang diangkat adalah “Kepunahan Biodiversitas Pulau Sumba” yang dibawakan  adalah Agus Kusumanegara S.Hut., M.Si selaku Pejabat Fungsional Pengendali Ekosistem Hutan (PEH). Potensi keanekaragaman hayati TN Matalawa sangatlah tinggi, tercatat tidak kurang dari 158 jenis burung, 94 jenis kupu-kupu, 42 jenis capung, 28 jenis mamalia, 6 jenis amphibi, 30 jenis reptile, 375 jenis tumbuhan berkayu  dan 70 jenis tumbuhan paku hidup di hutan TN Matalawa. Tingginya potensi keanekaragaman hayati tersebut akan terus mengalami penurunan apabila generasi muda sendiri tidak dibekali dengan karakter cinta terhadap alam dan lingkungan sekitar.  Melalui media pemutaran film dan diskusi diharapkan dapat memberikan pemahaman dan kesadaran kepada generasi muda akan pentingnya kelestarian sumber daya alam yang ada di Pulau Sumba, salah satu unsur kehidupan hilang maka akan berdampak langsung pada unsur yang lain. melalui pertemuan ini diharapkan mampu membangun karakter dan kepribadian yang positif sehingga  mampu mendukung pembangunan di sektor kehutanan yang berkelanjutan. 

Sumber : Balai Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini