Habis Gelap Terbitlah Terang : Rehabilitasi PLTMH di Kampung Tua Necheibe, Resort Ravenirara

Rabu, 12 September 2018

Jayapura, 12 September 2018. Balai Besar KSDA Papua merehabilitasi Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Kampung Tua Necheibe, Kabupaten Jayapura, Papua. Mikro hidro merupakan instalasi pembangkit listrik yang memanfaatkan aliran air sebagai sumber energi. Kapasitasnya kecil, di bawah 100 kW dan layak disebut sebagai clean energy karena ramah lingkungan.

Saat peninjauan awal BBKSDA Papua ke lokasi PLTMH Kampung Tua Necheibe tercatat beberapa kondisi, antara lain, sumber air untuk PLTMH berasal dari aliran sungai dengan debit sekitar 501/detik. Kondisi intake air baik, saluran pembawa juga baik namun perlu dibersihkan. Kondisi pipa pesat masih baik, demikian pula power house. Hanya saja posisi power house perlu ditinggikan untuk mencegah turbin terendam air saat banjir.

PLTMH di Kampung Tua Necheibe mengalami kerusakan pada turbin dan generator, yang memerlukan perbaikan dan penyesuaian kapasitas. Selain itu, kerusakan juga terjadi pada jaringan kabel ke rumah-rumah warga sehingga perlu dibuat ulang.

BBKSDA merehabilitasi PLTMH dengan kapasitas 25 kW. Namun listrik yang dimanfaatkan warga sekitar 15 kW. Dengan kapasitas itu PLTMH dapat memenuhi kebutuhan listrik pada 16 unit bangunan di Kampung Necheibe selama 24 jam. Bangunan itu terdiri dari 12 unit rumah masyarakat, satu unit gereja, satu unit MCK umum, dan dua bangunan lainnya berupa Balai Pertemuan.

Keberadaan PLTMH sangat berarti bagi kehidupan masyarakat di Kampung Necheibe. Mereka dengan segenap hati bekerja sama dengan teknisi listrik saat pemasangan semua peralatan. Alhasil, PLTMH telah berfungsi dengan baik untuk masyarakat pada tanggal 10 September 2018. Kampung Necheibe kini kembali terang.

Daniel Toto, Ketua Dewan Adat Suku Imbi Numbay, menyampaikan, “Terima kasih kepada Kepala Balai Besar KSDA Papua, yang telah merealisasikan rehabilitasi mesin listrik tenaga mikrohidro. Sangat bermanfaat. Atas nama masyarakat adat di Kampung Necheibe, kami menyampaikan terima kasih banyak kepada pihak BBKSDA Papua”, ungkapnya.

Dalam pemeliharaan PLTMH di Kampung Necheibe telah ditunjuk dua orang operator dari warga masyarakat. BBKSDA Papua akan memberikan fasilitas kepada mereka untuk mengikuti bimtek peningkatan kapasitas pengelolaan PLTMH. (Dzikry & Rian Agustina)

 

Sumber : Balai Besar KSDA Papua

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini