FGD Pengembangan Ekowisata Di TN Kutai

Rabu, 12 September 2018

Bontang, 12 September 2018. Balai Taman Nasional Kutai mengadakan Forum Group Discussion (FGD) Pengembangan Ekowisata di TN Kutai dengan tema “Strategi Pengembangan Ekowisata dan Pemasaran Pariwisata Secara Digital”. Kegiatan ini merupakan serangkaian kegiatan penelitian tim dari Balai Penelitian Teknologi KSDA Samboja di TN Kutai terkait Penelitian Aksi Analisis Kebijakan Ekowisata di TN Kutai yang menghadirkan asesor pariwisata Bapak Osvian Putra.

Tujuan penelitian yang telah dilakukan untuk menyediakan model atau teknik penelitian, penerapan dan promosi Objek dan Daya Tarik Wisata Alam (ODTWA) dan menghasilkan saran teknis/ rekomendasi/ saran kebijakan (policy brief) tentang investasi kelembagaan dan kampanye ekowisata di TN Kutai.

FGD dilaksanakan di ruang rapat kantor Balai Taman Nasional Kutai dengan mengundang Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Timur, Dinas Pariwisata Kota Bontang, Kepala SPTN Wilayah I Sangatta, Kepala Resort lingkup SPTN Wilayah I Balai TN Kutai, HPI Kalimantan Timur, HPI Bontang, Kelurahan Bontang Baru, Kelurahan Bontang Kuala, BUMDES Swarga Mitra Mandiri, BUMDES Sangatta Selatan, Maskapei, PEH Balai TN Kutai, Penyuluh Balai TN Kutai dan Mahasiswa Magang dari Universitas Muhammadiyah Makassar.

Dalam sambutannya sekaligus membuka acara, Kasubag TU Balai Taman Nasional Kutai Bapak Siswadi, S.Hut., M.Ec.Dev., MA.  yang mewakili Kepala Balai TN Kutai menyatakan bahwa FGD dilaksanakan sebagai bentuk sharing pengetahuan dan pengalaman untuk mendapat ilmu dan pembelajaran sehingga peran aktif dari peserta sangat diperlukan. Beliau berharap dari FGD yang dilaksanakan ada langkah tindak lanjut untuk pengembangan ekowisata di TN Kutai.

Dalam FGD ini, tim peneliti Balitek KSDA Samboja mempresentasikan hasil penelitian yang telah dilakukan. Selanjutnya, Bapak Osvian Putra yang merupakan Wakil Sekjen HPI pusat menyampaikan 2 materi yaitu “Strategi dan Pemasaran Pariwisata” dan “Pemasaran Pariwisata Berbasis Digital” kemudian diskusi bersama seluruh peserta.

Akhir dari kegiatan FGD yang dilaksanakan adalah penyerahan hasil rekomendasi penelitian aksi kebijakan pengembangan ekowisata di TN Kutai yang diserahkan oleh tim peneliti Balitek KSDA Samboja kepada Kasubag TU TN Kutai.

 

Sumber : Balai Taman Nasional Kutai

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini