Kunjungan Kerja Dirjen KSDAE ke TN Berbak dan Sembilang

Selasa, 11 September 2018

Sungai Rambut, 8 September 2018. Salah satu agenda kunjungan kerja Dirjen KSDAE, Ir. Wiratno MSc, ke Provinsi Jambi adalah peninjauan lapangan ke Pos Penjagaan Sungai Bungur di TN Berbak dan Sembilang pada tanggal 8 September 2018. Dalam kunjungan kerjanya Dirjen KSDAE didampingi oleh kepala UPT KSDAE lingkup Provinsi Jambi beserta jajarannya, staf BPHP dan perwakilan dua lembaga mitra BTNBS yaitu UNDP dan ZSL.

Pos Penjagaan Sungai Bungur yang dibangun oleh ZSL melalui mekanisme kerjasama BTNBS-ZSL merupakan lokasi yang strategis untuk mengawasi dan mencegah tipihut illegal logging di kawasan Berbak. Di lokasi tersebut juga sedang dilakukan inisiasi pengembangan ekowisata. Sarana fisik yang sudah dibangun berupa jalan trekking sepanjang 500 m dalam kawasan hutan yang telah ditetapkan sebagai Plot Permanen,tempat pendirian tenda, shelter dan MCK. Kedepan Plot Permanen tersebut juga akan jadikan laboratorium alam sebagai sarana pembelajaran bagi mahasiswa,pecintaalam, kader konservasi dan pramuka.

Dilokasi tersebut Dirjen KSDA berserta rombongan menelusuri jalan traking (boardwalk) sambil menikmati panorama hutan dan lingkungan sekitar Sungai Bungur serta mengamati berbagai jenis tumbuhan ekosistem hutan rawa.Beberapa arahan beliau terkait pengembangan wisata yang sedang dilakukan dan perlu segera ditindaklanjuti adalah pelabelan nama pohon/vegetasi sebagai materi interpretasi, pembuatan tangga turun dari jalurtreking dan pelibatan masyarakat dalam pengelolaan wisata. Dalam kesempatan tersebut Dirjen KSDAE juga mengucapkan terimakasih kepada mitra TNBS yang telah member dukungan dalam pengelolaan,sekaligus menandatangani prasasti peresmian di gunakannya pos tersebut.Beliau juga berpesan kepada staf di lapangan untuk selalu bersemangat walaupun banyak keterbatasan. Selain meninjau Pos Sungai Bungur Dirjen KSDAE beserta rombongan juga menyempatkan untuk melihat Demplot Pemeliharaan Anggrek Resort Simpang dan Markas Brigdalkarhut TNBS serta pengembangan Situation Room TNBS di Kantor Balai TNBS di Jambi.

Sumber : Balai TN Berbak dan Sembilang

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini