Penangkapan Pelaku Perburuan dan Perdagangan Harimau Sumatera

Minggu, 09 September 2018

Sungai Penuh, 9 September 2018. Tim Pelestarian Harimau Sumatera Kerinci Seblat (PHSKS) bekerjasama dengan Polres Mukomuko  Provinsi Bengkulu, telah berhasil menangkap pelaku perburuan dan perdagangan harimau sumatera pada Rabu, 5 September 2018. Tersangka yang tertangkap bernama Heri alias Ujang, merupakan warga desa Bunga Tanjung Kecamatan Teramang Jaya Kabupaten Mukomuko. Bersama tersangka didapatkan beberapa barang bukti berupa 1 lembar kulit Harimau Sumatera dengan panjang 135 cm, tulang belulang harimau seberat 4 kg dan 1 unit sepeda motor Honda Vario. Lokasi penangkapan di jalan lintas Bengkulu - Padang, tepatnya di Desa Bunga Tanjung, Kab. Muko Muko. Selanjutnya untuk proses hukum dan pengembangan kasus ini tersangka dibawa ke Polres Mukomuko.

Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) merupakan salah satu satwa kunci Taman Nasional Kerinci Seblat. Harimau ini terancam punah karena rusaknya hutan sebagai habitatnya, masih adanya perburuan dan perdagangan kulit harimau beserta bagian-bagian tubuhnya. Seperti kita ketahui, harimau sumatera memiliki nilai penting dalam menjaga ekosistem hutan, diantaranya sebagai satwa predator penyeimbang populasi satwa-satwa lain. Dengan kata lain melindungi harimau dapat melindungi hutan dan keanekaragaman hayati yang ada di dalamnya.

Kepala Balai Besar TNKS, Drs. Tamen Sitorus, M.Sc, mengungkapkan bahwa TNKS merupakan salah satu kantung habitat harimau sumatera yang diharapkan menjadi tempat pelestarian populasi harimau sumatera di Indonesia. Apabila perdagangan harimau terus terjadi di sekitar wilayah TNKS, ini akan menjadi kerugian bagi masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan TNKS khususnya, dan masyarakat Sumatera pada umumnya. Oleh sebab itu, saya meminta dukungan kepada seluruh masyarakat dan para pihak terkait untuk bersama-sama melestarikan satwa yang terancam punah dan dilindungi undang-undang ini.

Sumber : Nurhamidi, Field Manager PHSKS/Ka. SPTN Wilayah 1 dan Humas Balai Besar TN Kerinci Seblat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini