Direktorat PIKA Ajak ASN nya Belajar Pemanfaatan Hutan dari Masyarakat

Selasa, 28 Agustus 2018

Jakarta, 28 Agustus 2018. Direktorat Pemolaan dan Informasi Konservasi Alam (PIKA) Kementerian LHK, pada tanggal 23 s.d 25 Agustus 2018 mengadakan pembinaan pegawai di Yogyakarta berupa kunjungan ke lokasi pemanfatan hutan, outing (aktivitas diluar ruangan) dan wisata bagi para karyawannya.  

Ir. Listya Kusumawardhani, M.Sc selaku Direktur PIKA memberikan arahannya di Hotel Peson Malioboro Yogyakarta bahwa Kinerja Direktorat PIKA sudah baik dengan  capaian target kinerja setiap tahunnya selalu baik. Selain itu, tidak ada tunggakan pekerjaan dan  capaian kinerja melewati target Renstra Lima Tahun”.

Listya juga berpesan tetap mengutamakan kebersamaan, sengaja kita ke Yogyakarta untuk mengunjungi beberapa contoh pemanfaatan hutan untuk masyarakat yaitu di Wisata Kalibiru dan Hutan Mangunan jelasnya.

“Saya berharap semua dapat mempelajari pengelolaan wisata hutan oleh masyarakat yang telah berhasil di kawasan hutan dan juga semangat kerja para pengelola wisata yang ada di lokasi outing, sehingga dapat diimplementasikan dalam  pekerjaan kita sehari hari” ujar Listya.

Desa wisata Kalibiru, Hargowilis,Kokap, Kulonprogo yang berada sekitar 2 Km dari tempat wisata Waduk Sremo menjadi pilihan lokasi pembinaan pegawai Direktorat PIKA.

Pelaksanaan outing dilaksanakan di depan rumah Joglo Wisata Kalibiru yang dimulai dengan salam semangat. Selanjutnya peserta diajak mengikuti permainan yang melatih konsentrasi, fokus pikiran, berlatih berpikir cepat dan tepat, berlatih menyeimbangkan kerja otak kanan dan kiri, hingga permainan yang mengutamakan kerjasama tim

Selain outing, rombongan Direktorat PIKA juga berkesempatan berbincang - bincang dengan Pak Parjan yang mengelola Wisata Kalibiru

Rombongan Direktorat PIKA mengunjungi lokasi pemanfaatan hutan yang dikelola masyarakat ke Puncak Becici, Hutan Pinus Mangunan dan Wisata Seribu Watu Songgolangit Kabupaten Gunung Kidul dan Kabupaten Bantul Provinsi Yogyakarta. Menutup kunjungan, rombongan juga bersilaturahmi dengan Bapak Ipung sebagai pengelola Wisata Seribu Watu Songgolangit. 

Sumber : Mugiharto HP, S.Hut, MSi – PEH Muda Direktorat PIKA

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini