Hari Orangutan Internasional: Mari Bergerak Bersama Selamatkan Orangutan Kalimantan

Senin, 20 Agustus 2018

Pontianak, 20 Agustus 2018.  Hari Orangutan Internasional diperingati setiap tanggal 19 Agustus sejak 2013. Sejalan dengan itu, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat bersama mitra kerja seperti; Yayasan TITIAN LESTARI, WWF-Indonesia Kalimantan Barat, Forum Orangutan Kalimantan Barat (FOKKAB), Yayasan Palung dan Yayasan Planet Indonesia (YPI) menyelenggarakan kegiatan Peringatan Hari Orangutan Internasional 2018 bertema “Kalimantan Barat ‘Rumah’ Bagi Orangutan, Mari Bergerak Bersama Selamatkan Orangutan Kalimantan”. Adapun rangkaian kegiatan yang dilaksanakan yaitu; lomba mewarnai dan menggambar tingkat TK dan SD bertempat di Kantor BKSDA Kalimantan Barat serta kampanye/aksi damai di area Car Free Day (CFD) dengan rangkaian acara Pembagian Hadiah, Pengumpulan tanda tangan, Pembagian Doorprize, fresh drink dan tumbler,  Cindera Mata dan acara hiburan bersama masyarakat  di Jl. Ahmad Yani Pontianak (Mega Mall Pontianak - Perguruan Mujahidin)

Orangutan adalah satu-satunya kera besar di Benua Asia dan merupakan satwa endemik yang hanya dijumpai di pulau Kalimantan dan Sumatera, terdiri dari tiga spesies yaitu; Pongo pygmaeus (Orangutan Kalimantan), Pongo abelii (Orangutan Sumatera) dan Pongo tapanuliensis (Orangutan Tapanuli) spesies orangutan baru yang dirilis pada tahun 2017.

Saat ini, diperkirakan hanya terdapat 57.350 individu Orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) di habitat seluas 181.692 km2 (PHVA, 2016), mencakup wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Sarawak – Malaysia. Di Kalimantan Barat, diperkirakan terdapat ±20.330 individu orangutan terdiri dari Pongo pygmaeus pygmaeus sebanyak ±4.520 individu dan Pongo pygmaeus wurmbii sebanyak ±15.810 individu yang tersebar di dalam dan di luar kawasan konservasi.

Sadtata Noor Adirahmanta selaku Kepala BKSDA Kalimantan Barat mengatakan “memang sudah waktunya kampanye konservasi, khususnya mengenai penyelamatan Orangutan, kita lakukan secara lebih masif dan berskala luas sehingga dapat menyentuh segala lapisan masyarakat, termasuk generasi muda. Ajak mereka dan libatkan mereka dalam kegiatan-kegiatan penyelamatan Orangutan. Beri pemahaman kepada masyarakat pentingnya satwa ini di dalam ekosistem. Hingga suatu saat nanti seluruh masyarakat menyadari bahwa sesungguhnya manusia bisa hidup berdampingan dengan Orangutan”.

Sementara itu, Rangga Irawan dari Yayasan TITIAN LESTARI sebagai penanggungjawab kegiatan mengatakan “tujuan utama dari peringatan Hari Orangutan Internasional ini adalah untuk memperkenalkan orangutan kepada publik dengan harapan akan timbul kepedulian terhadap lingkungan terutama pentingnya melestarikan habitat dan populasi orangutan di Kalimantan Barat”.

“Kita ketahui bersama bahwa hampir 70% populasi orangutan berada di luar kawasan konservasi. Diantaranya metapopulasi di bagian utara pesisir Kalimantan Barat, tepatnya di sekitar Kabupaten Sambas dan metapopulasi di bagian selatan Kalimantan Barat, tepatnya di Kabupaten Mempawah dan Kubu Raya. Keberadaan metapopulasi ini dalam kondisi kritis karena jumlahnya yang kecil dan habitatnya terfragmentasi. Dalam kesempatan ini, kami mengajak seluruh elemen masyarakat, swasta dan pemerintah untuk turut serta menjaga dan melestarikan orangutan. Besar harapan kami kedepannya tidak terjadi lagi konversi hutan, terutama pada kawasan-kawasan yang menjadi habitat orangutan. “Kelestarian orangutan dan habitatnya, pada akhirnya akan memberikan manfaat bagi manusia” ujar Albertus Tjiu, Manajer Program Kalimantan Barat, WWF-Indonesia

“Populasi Orangutan Kalimantan khususnya yang ada di Kalimatan Barat tidak luput dari ancaman seperti; berkurangnya habitat akibat dari fragmentasi habitat karena konversi hutan menjadi perkebunan, kebakaran hutan dan penebangan liar, berkurangnya habitat ini berdampak seringnya terjadi konflik antara manusia dengan orangutan yang pada akhirnya sering menyebabkan kematian orangutan. Ancaman lainnya adalah perburuan orangutan untuk diperdagangkan maupun dipelihara, berkurangnya populasi orangutan yang lebih dari 50% menjadikan status orangutan Kalimantan naik statusnya dari genting (Endangered) menjadi kritis (Critically Endangered) berdasarkan daftar merah (red list) IUCN tahun 2016”, ujar Syamsuri Ketua Forum Orangutan Kalimantan Barat (FOKKAB).

Lebih lanjut dia mengatakan “diperlukan kepedulian dan sinergi bersama antara pemerintah, swasta, masyarakat, akademisi, dan NGO untuk menjaga agar orangutan Kalimantan tetap lestari dan bertahan hidup di alam bebas di tengah berbagai ancaman kerusakan lingkungan.”

 

 

Sumber : Balai KSDA Kalimantan Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini