Antisipasi Kebakaran Hutan, BBKSDA Jatim Aktif Berikan Penyuluhan

Jumat, 06 Juli 2018

Situbondo, 6 Juli 2018. Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA Jatim)  melakukan penyuluhan kebakaran hutan agar masyarakat menambah informasi, pengetahuan dan pemahaman untuk ikut serta mencegah dan menanggulangi terjadinya kebakaran hutan, dan memahami cara-cara antisipasi kebakaran hutan baik yang disebabkan oleh manusia maupun dari alam. Kegiatan di motori Resort Konservasi Wilayah (RKW) 23 Argopuro di Desa Baderan, Kecamatan Sumber Malang Kabupaten Situbondo (6/7/18).

40 (empat puluh) peserta penyuluhan hadir yang teridiri dari Muspika, Masyarakat Peduli Api Rengganis Timur, Sumbermalang, Masyarakat Desa Baderan, MMP RKW 23 Argopuro, Kesatuan Pengelolaan Hutan Konservasi (KPHK) Dataran Tinggi Yang.

Kepala BBKSDA Jatim yang diwakili Kepala Bidang Wilayah (Kabidwil) 3 menjelaskan tentang kebakaran hutan di Indonesia pada umumnya dan khususnya di Suaka Margasata (SM) Dataran Tinggi Yang. Kebakaran hutan sebagian besar disebabkan ulah manusia (yang disengaja atau karena lalai) juga karena kondisi yang sangat kering sebagai pengaruh terjadinya perubahan iklim yang melanda wilayah Indonesia.

Kebakaran hutan dan lahan telah menimbulkan dampak yang besar, bukan hanya terhadap manusia, polusi udara, ekonomi, tetapi juga kelestarian lingkungan dan punahnya keanekaragaman hayati yang ada di dalam kawasan konservasi khususnya SM Dataran Tinggi Yang. Tentunya semua pihak siaga untuk mencegah kebakaran hutan.

Sumber : Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini