Intkey 5, Memudahkan Identifikasi Tumbuhan

Rabu, 04 Juli 2018

Boyolali, 4 Juli 2018. Sebanyak sepuluh pejabat fungsional yang terdiri dari PEH dan penyuluh Balai Taman Nasional Gunung Merbabu mengikuti pelatihan Identifikasi Tumbuhan. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari tanggal 3 sampai 4 Juli 2017 difasilitatori pengajar dari Pusdiklat Kehutanan Bogor, Prabani Setiohindrianto.

Dalam pengantarnya, Prabani Setiohindrianto mengatakan bahwa Pengenalan jenis tumbuhan di alam dalam kawasan hutan sangat diperlukan oleh para pengelola kawasan sebagai salah satu bentuk pemahaman akan kawasan yang dikelola.

Identifikasi tumbuhan dengan cara lama menggunakan buku determinasi sangat sulit dilakukan bagi sebagian orang.  Selain itu identifikasi dengan kunci determinasi memerlukan waktu yang cukup lama.  Saat ini telah tersedia sistem komputer yang dapat membantu petugas melakukan identifikasi dengan cara yang lebih mudah dengan sistem bernama Intkey 5. Sistem Intkey 5 yang merupakan program open source ini telah mengadopsi ciri morpologi tumbuhan dan menbuatnya dalam bentuk visualisasi baik ilustrasi gambar maupun foto.

Dengan mendapatkan pelatihan ini dharapkan petugas dapat lebih mudah mengidentifikasi potensi tumbuhan yang ada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu. 

Sumber : Kristina Dewi, S.Si., M.Sc., M.Eng. - PEH Balai Taman Nasional Gunung Merbabu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini