Ayo liburan ke Suaka Margasatwa Dataran Tinggi Yang

Senin, 18 Juni 2018

H+3 libur lebaran kemana aja? Ayo hilangkan penat sejenak, nikmati kesunyian Argopuro. Argopuro merupakan salah satu puncak dari rangkaian pegunungan hyang. Puncak ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi pendaki. Jalur pendakian Gunung Argopuro merupakan salah satu jalur pendakian terpanajng di Indonesia dan terpanjang di pulau Jawa. Jalur pendakian yang menawarkan berbagai atraksi menarik di dalamnya. Mulai dari Pesona alam seperti hutan hujan, savana, dan hutan cemara, Danau, peninggalan zaman kerajaan, peninggalan kolonial, hingga perjumpaan dengan satwa ikonik seperti Merak yang tidak dapat dijumpai di gunung lain dapat dinikmati dalam perjalanan ke Argopuro.

Argopuro dapat diakses dari dua Pintu, yaitu via Bermi di Kabupaten Probolinggo dan via Baderan di Kabupaten Situbondo. Pintu masuk bermi dapat diakses melalui jalan pantura kearah selatan dari Pertigaan Pajarakan dengan menggunakan Kendaraan roda dua atau roda empat sampai di Pos Perizinan di Desa Krucil, lalu dilanjutkan dengan tracking dari batas desa terakhir. Sedangkan Pintu masuk Baderan dapat, diakses melalui jalur panturakearah selatan terminal besuki. Pos Perizinan dapat diakses menggunakan roda dua dan roda empat, lalu perjalanan dilanjutkan dengan tracking dari Pos Perizinan.

Untuk menyelesaikan Pendakian Argopuro dari Baderan-Puncak Argopuro-Bermi dan sebaliknya membutuhkan waktu 4-5 hari, memang membutuhkan waktu yang lama, maklum jalur terpanjang di Jawa. Tapi jangan Khawatir, semua akan terbayarkan dengan pengalaman dan kesan yang mendalam selama perjalanan, bahkan setelah sampai rumah pasti kepikiran kembali lagi ke Argopuro. Jika belum ada waktu yang cukup, ada alternatif lain. Pendakian Argopuro Bermi-Puncak-Bermi. Pendakian ini hanya butuh waktu 3 hari, namun siapkan fisik dan mental yang kuat karena medan yang cukup menantang. Masih terlalu lama? Tenang, masih ada yang lain. Camp di Danau Taman Hidup saja, hanya butuh waktu 2 hari untuk menikmati sunyi, senyap, dan mistisnya Danau Taman Hidup, apalagi saat matahari terbit, terbaik. Masih kurang pendek, yasudah, Bolak-balik taman hidup saja, hanya butuh waktu sehari, tapi berangkatnya pagi ya, karena perjalanan ke Danau Taman Hidup butuh waktu 4-5 Jam.

Sumber : Balai Besar KSDA Jawa Timur

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 4

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini