Taman Koleksi Anggrek (Orchidarium) Dari Taman Nasional Lore Lindu

Rabu, 06 Juni 2018

Poso, 6 Juni 2018. Taman Nasional Lore Lindu memiliki keanekaragaman hayati yang cukup tinggi, salah satunya flora Anggrek yang banyak ditemui di dalam kawasan ini. Untuk menjaga kelestariannya, Balai Besar TN Lore Lindu sebagai pengelola membuat Taman Koleksi Anggrek yang berlokasi di dalam objek wisata Telaga Tambing (Desa Sedoa, Kabupaten Poso) dan dikelola oleh Bidang Pengelolaan TN Wilayah II Makmur.

Taman Koleksi Anggrek (Orchidarium) yang dibangun sejak tahun 2015 ini memiliki sekitar 40 jenis anggrek di dalamnya. Anggrek-anggrek ini diperoleh dari kawasan TN Lore Lindu yang dirawat/dipelihara serta dibudidayakan oleh petugas TN Lore Lindu yang bernama Sardi.

“Keberadaan Orchidarium ini selain sebagai upaya pelestarian dan wahana pendidikan lingkungan terutama jenis flora anggrek, juga untuk memperkenalkan potensi anggrek yang bernilai ekonomis kepada masyarakat”, ujar Jusman selaku Kepala Balai Besar TN Lore Lindu. Selanjutnya diungkapkan pula oleh Jusman bahwa dengan adanya Orchidarium ini diharapkan masyarakat sekitar taman nasional akan tertarik untuk usaha budidaya anggrek, selain bisa menambah penghasilan juga melestarikan keberadaannya.

 

Sumber : Balai Besar TN Lore Lindu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini