Pengendalian Verbena Brasiliensis di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Selasa, 15 Mei 2018

Malang, 15 Mei 2018. Bukan hanya Salvinia molesta saja yang menjadi prioritas pengendalian oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tetapi masih ada jenis lain yang diprioritaskan pengendaliannya yaitu Verbena brasiliensis Vell.

Pengendalian dan pembersihan Verbena brasiliensis  Vell  dilakukan pada hari Selasa di kawasan Savana Bromo, kegiatan ini dilaksanakan oleh Bidang PTN Wil. I Pasuruan, dan diikuti oleh ± 75 orang mitra Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) lingkup Bidang PTN Wil. I Pasuruan (Sahabat Bromo, Bromo Lovers, Kader Konservasi,Paguyuban Ojeg, Paguyuban Kuda, Paguyuban Kaki Lima).

Sebelum kegiatan di mulai Pak Sarmin, S.Hut selaku Kepala Seksi PTN Wil. I Cemerolawang mengungkapkan bahwa Verbena brasiliensis Vell ini merupakan jenis tanaman invasif yang keberadaanya harus dibersihkan karena menggangu ekosistem yang ditempatinya, ungkapnya demikian.

Teknik pengendalian masih menggunakan metode manual yaitu dengan cara mencabut tanaman Verbena brasiliensis Vell sampai ke akar-akarnya. Pencabutannya dibantu menggunakan alat cangkul/ sabit, kemudian diletakkan di kendaraan angkut untuk kemudian dibawa ke TPA.

Verbena brasiliensis Vell merupakan jenis tanaman asing invasif yang berasal dari Amerika Selatanberasal dari keluarga Verbenaceae berhabitus semak dengan ketinggian antara 1,5 sampai 2 meter. Di bagian batangnya yang berbentuk persegi, ada bulu-bulu kasar yang mengelilinginya, di bagian batang itu nantinya akan tumbuh cabang dan daun berbentuk bulat memanjang serta bergerigi. Tanaman Verbena juga  termasuk tanaman yang menyerap banyak air. Jenis tanaman berbunga setiap tahunnya pada musim hujan dan kemudian akan langsung mengering atau berguguran ketika masuk musim kemarau.

Dalam hal reproduksi, tanaman Verbena brasiliensis Vell memperbanyak pertumbuhannya dengan cara memproduksi benih. Benihnya sangat kecil, mudah terbawa oleh angin, serta mudah lengket di tubuh manusia ataupun di tubuh binatang. Mungkin inilah salah satu penyebab mengapa pertumbuhan Verbena brasiliensis vell sangat pesat pertumbuhannya di Bromo, terutama di Oro-Oro Ombo.

Di akhir kegiatan Kepala Seksi PTN Wil. II Tumpang (Tatag Hari Rudhata, S.H) mengucapkan terima kasih kepada mitra TNBTS atas partisipasinya dan menghimbau bila mitra TNBTS mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap kelestarian TNBTS diperkenankan untuk melakukan pembersihan Verbena brasiliensis Vell dengan didampingi oleh petugas TNBTS.

Diharapkan dengan adanya pengendalian Verbena brasiliensis Vell ini, ekosistem asli savana dapat pulih kembali, sehingga keanekaragaman hayati TNBTS terpelihara dan terlindungi keberadaanya.

 

Sumber : Siti Maya - BBTN Bromo Tengger Semeru

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini