Respon Cepat Tim Pendamping Balai TN Bali Barat Fasilitasi Budidaya Lebah Madu

Sabtu, 31 Maret 2018

Sumberklampok, 28 Maret 2018. Fasilitator masyarakat Taman Nasional Bali Barat (TNBB) kembali beraksi. Kali ini dengan pendampingan kepada kelompok tani di banjar Bukit Sari, Desa Sumberklampok. Kelompok tani itu bernama Tunas Mekar dan beranggotakan 21 orang. Dalam proses pendampingan, keluar ide dari anggota kelompok salah satunya adalah budidaya lebah madu. Mengetahui hal tersebut, para fasilitator TNBB yang bertugas di SPTN II Buleleng sebagai pendamping kelompok segera bergerak. Adanya inisiatif masyarakat untuk mengelola aset yang terpendam ini langsung direspon cepat. Para pendamping memberikan fasilitasi kelompok untuk mewujudkan keinginan tersebut. Mulai dari menggali ide, menyusun rencana aksi, hingga tindak lanjut pelaksanaan aksi.

Kamis (28/03/2018) merupakan kegiatan lanjutan dalam melaksanakan aksi kelompok. Mereka mewujudkan keinginan untuk membuat stup/kotak sarang lebah. Kotak sarang tersebut dibuat dari papan kayu dan dikerjakan sendiri oleh para anggota kelompok. Tahap pertama ini, kotak sarang lebah yang selesai dibuat sebanyak 11 kotak dari target 50 kotak sarang. Selanjutnya kotak-kotak tersebut akan dipasang di seputaran pekarangan rumah menunggu untuk ditempati lebah. Setelah beberapa waktu, menurut pengalaman, biasanya kotak sarang tersebut akan dihuni oleh lebah madu hutan. Cara itu sebelumnya sudah dilakukan oleh masyarakat, namun jumlahnya masih kecil. Inisiatif kelompok masyarakat untuk serius menekuni usaha budidaya lebah madu ini patut diapresiasi dan segera direspon. Lokasi Desa Sumberklampok memang sangat dekat dengan kawasan hutan TNBB. Bahkan saat ini puluhan orang menggantungkan hidupnya dari mencari madu di hutan. Profesi ini terbukti bisa menghidupi sekian puluh keluarga di Desa Sumberklampok.

Pendampingan adalah tentang waktu. Berhasil tidaknya pendampingan kelompok masyarakat tidak lepas dari soal waktu. Tidak ada sesuatu yang instan dan semuanya dimulai dari bawah. Salah satu fasilitator TNBB, Sugiarto, mengatakan "Dengan semangat dan keyakinan, kami percaya semua usaha ini akan memberikan hasil suatu saat nanti". Terwujudnya kesejahteraan masyarakat merupakan puncak dari harapan kita bersama. Harapan masyarakat, juga harapan pendamping desa sebagai perpanjangan tangan pengelola kawasan Taman Nasional Bali Barat.

Sumber : Balai Taman Nasional Bali Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini