Kembali ke Alam Bersama Bumi Edukasi

Senin, 26 Maret 2018

Boyolali, 26 Maret 2018. Bertempat di SD Negeri 2 Ngagrong, Balai Taman Nasional Gunung Merbabu melaksanakan kegiatan pendidikan lingkungan bersama Ibu Nina Suhartina dari Bumi Edukasi. Siswa-siswi kelas 4 dan 5 sebanyak 30 siswa diajak untuk berkegiatan di dalam serta di luar ruangan yang merupakan rangkaian kegiatan Bumi Edukasi Jelajah 7 Taman Nasional. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak para penggiat alam, mahasiswa, mahasiswi maupun siswa dan siswi untuk mempelajari tentang ekowisata dan konservasi di sekolah-sekolah yang berada di daerah penyangga kawasan konservasi, juga berinteraksi dengan para siswa-siswi sekitar Taman Nasional.

Siswa-siswi  SD Negeri 2 Ngagrong diajak untuk lebih mengenal dan mempelajari keanekaragaman hayati di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu. Para siswa dibagi dalam kelompok untuk lebih memudahkan proses pembelajaran. Anak-anak diajak untuk berdiskusi, belajar mengemukakan pendapat, menonton film, serta melaksanakan beberapa tugas untuk menumbuhkan kreativitas anak-anak. Anak-anak yang bertempat tinggal di daerah penyangga kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu diarahkan untuk lebih mengenal rumah dan tempat tinggal asal mereka. Ternyata tanpa mereka sadari mereka memiliki ketergantungan tinggi pada kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu. Dengan lebih mengenal Taman Nasional Gunung Merbabu dengan segala potensinya serta arti penting kawasan hutan bagi kehidupan, diharapkan akan muncul rasa kepedulian dalam diri anak-anak sebagai generasi penerus. Penanaman rasa cinta pada alam sejak dini diharapkan akan menumbuhkan rasa ikut memiliki dan cinta pada alam itu sendiri yang akan berujung pada peran serta mereka dengan sukarela untuk menjaga kelestarian alam sekitar  mereka pada umumnya dan kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu pada khususnya.

Pendidikan lingkungan merupakan pondasi awal manusia dalam usaha melestarikan alam. Arti penting pendidikan lingkungan sejak dini, bertujuan untuk penanaman karakter peduli terhadap lingkungan sekitar. Mengingat alam merupakan rumah kita, maka sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga dan melestarikannya.

Sumber : NurA - Penyuluh Balai Taman Nasional Gunung Merbabu

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini