PERINGATAN HARI HUTAN INTERNASIONAL TN MATALAWA

Senin, 19 Maret 2018

Waingapu, 19 Maret 2018. “Merawat Hutan Dari Sekolah” merupakah tema Peringatan Hari Hutan Internasional yang dilaksanakan oleh SPTN Wilayah III Matawai Lapau bertujuan untuk membangun hutan sekolah pertama di wilayah Kecamatan Matawai Lapau. Bertempat di SD Negeri Lawinu, Desa Katikutana, Kecamatan Matawai Lapau, kegiatan yang dipimpin langsung oleh KSPTN Wilayah III (Hastoto Alifianto,S.Hut, M.Si) dilaksanakan pembagian dan penanaman 200 tanaman kayu dan 50 tanaman buah. Jenis-Jenis tanaman yang dibagikan adalah trembesi, cemara, pinang, sukun, kelengkeng, dan mangga.

Seiring dengan Tema Hari Hutan Internasional yang diperingati pada 21 Maret 2018 yaitu Forest And Sustainable Cities, TN MATALAWA sebagai benteng terakhir penyangga kehidupan sangat perduli  terhadap pengelolaan lingkungan hidup wilayah perkotaan Kecamatan Matawai Lapau yang merupakan salah satu wilayah penyangga kawasan Taman Nasional MATALAWA.

Kegiatan yang diikuti oleh 134 siswa, 12 Guru/ Tenaga Pengajar dan juga dihadiri oleh Muspicam terdiri dari Camat Matawai Lapau, Kapolsek Matawai Lapau, Danramil Melolo dan Pemerintah Desa Katikutana beserta perangkat desa merupakan bentuk konsistensi Balai TN MATALAWA dalam menanamkan jiwa konservasi kepada usia dini serta upaya untuk mengembangkan hutan kota pada wilayah Katikutana sebagai kota kecamatan Matawai Lapau. Hal ini didasarkan bahwa Katikutana saat ini masih didominasi oleh area perbukitan yang terbuka sehingga rentan terhadap bahaya angin dan kekeringan ditandai dengan belum banyaknya sumber-sumber air di lingkungan tinggal masyarakat.

Pada akhir acara dan sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan di lingkungan sekolah,  Kepala Seksi III memberikan seperangkat Alat Tulis (Buku, Pena, Pensil, Penggaris) sebanyak 134 set dan Buku-Buku Taman Nasional (Buku Burung-Burung di TN MATAWALA, Buku Capung, Harmony Alam TN MATAWALA, dan Buletin) sebagai bagian dari koleksi perpustakaan SD Negeri Lawinu.

Sumber: Balai Taman Nasional Matalawa

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini