Kelas Botani dari Kader Konservasi Balai KSDA Sumatera Selatan

Kamis, 15 Maret 2018

Lahat, 15 Maret 2018. Kelas Botani merupakan salah satu bagian dari program edukasi yang dilakukan oleh Pungky Nanda Pratama yang merupakan salah satu kader konservasi SKW II Lahat, Balai KSDA Sumatera Selatan. Sasaran edukasi diprioritaskan pada daerah penyangga kawasan Suaka Margasatwa (SM) Isau-isau yang memiliki tekanan kawasan yang tinggi yang dilakukan oleh masyarakat setempat.

Kelas Botani dilakukan di sembilan sekolah dasar yang terletak di desa penyangga kawasan SM Isau-isau di wilayah Kecamatan Pagar Gunung Kabupaten Lahat. Pada kegiatan tersebut anak-anak diajak untuk mempelajari tanaman menggunakan media video sebagai sarana edukasi dengan penjelasan secara lisan dan tertulis tentang bagian-bagian tanaman (akar, batang, daun, bunga, buah dan biji) beserta dengan fungsi masing-masing bagian tersebut. Pembelajaran mengenai fungsi setiap bagian tanaman merupakan materi dasar yang harus dipahami karena anak-anak yang menjadi sasaran Kelas Botany karena mereka tinggal di daerah penyangga kawasan SM Isau-isau dengan tingkat deforestasi kawasan yang tinggi.

Dengan pemahaman ini semoga anak-anak akan lebih mengerti dengan keberadaan hutan dan fungsinya sehingga kelak saat dewasa dapat berperan aktif dalam konservasi terutama pada perlindungan dan rehabilitasi kawasan SM Isau-isau.

Sumber : Pungky Nanda Pratama - Kader Konservasi Balai KSDA Sumatera Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini