Satu Jam Lebih Dekat Dengan TN Meru Betiri

Rabu, 07 Maret 2018

Jember, 7 Maret 2018. Balai Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) diwakili Koordinator Fungsional PEH dan Ketua Kelompok Jabatan Fungsional POLHUT memasuki ruang siaran Pro 1 RRI Jember dalam acara dialog interaktif “Opini dan Aspirasi” (OPSI). Kesempatan siaran ini sangat berharga bagi TNMB untuk mengenalkan kawasan TNMB agar lebih dekat di hati masyarakat Jember.

Pada dialog yang berlangsung selama satu jam ini dikupas tentang keterlibatan perguruan tinggi, masyarakat dan kelompok pecinta alam dalam berbagai kegiatan pengelolaan kawasan TNMB. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah kerjasama TNMB dengan Universitas Jember (UNEJ) dalam pemulihan ekosistem yang melibatkan masyarakat sekitar kawasan dan kegiatan penelitian. Kelompok pecinta alam melalui kader konservasi turut berperan dalam kegiatan pendidikan konservasi dan inventarisasi satwa.

Keterbatasan jumlah personil Polhut yang hanya 25 orang harus mengamankan  52.626,04 Ha hutan TNMB. Sehingga TNMB membutuhkan partisipasi dan peran aktif masyarakat dalam perlindungan dan pengamanan kawasan. Masyarakat yang terlibat dalam kegiatan pengamanan kawasan tergabung dalam Masyarakat Mitra Polhut (MMP). Saat ini terdapat 27 orang MMP yang tersebar di 10 resort TNMB.

TNMB dikelola dengan sistem zonasi. Salah satu zonanya yaitu zona pemanfaatan. Di zona ini dimanfaatkan untuk wisata, seperti di Pantai Bandealit, Watu Ondo, Pantai Nanggelan yang berada di Jember. Nur Rohmah Syarif , S.Si. MP (koordinator fungsional PEH) menghimbau agar pengunjung menggunakan jalur wisata yang telah ada, mengikuti petunjuk dari petugas, menjaga kebersihan, dan dalam mengambil foto “selfie” perlu berhati-hati, memperhatikan keselamatan jiwa (tidak berfoto di tepi tebing).

“TN Meru Betiri adalah kawasan konservasi yang perlu dipertahankan dan dilestarikan. Pengamanan dan perlidungan adalah tugas kita bersama. Dengan dukungan dan partisipasi masyarakat mari kita wujudkan TNMB yang aman dan lestari.” tutur Adie Setyanto, S.Si, Ketua Kelompok Jabatan Fungsional POLHUT.

Sumber: Nur Rohmah Syarif , S.Si. MP dan Adie Setyanto, S.Si - Balai TN Meru Betiri

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini