Pelepasliaran Satwa Liar Dan Penanaman Bibit Bersama Oleh Bbksda Papua

Kamis, 10 Agustus 2017

Nabire, 10/8/2017. HUT kemerdekaan RI ke 72 diisi oleh Bidang KSDA Wilayah II dengan beberapa kegiatan konservasi SDA dan E bersama para pihak sebagaimana semangat kerja bersama yang dikumandangkan oleh Presiden RI. Rangkaian kegiatan di mulai pada tanggal 7 Agustus 2017 dengan penyerahan sukarela satwa liar dilindungi endemis Papua oleh masyarakat kampung Airmadidi pada pembukaan acara festival budaya di pantai monalisa Nabire yang disaksikan oleh Masyarakat, perwakilan Polri, TNI, Basarnas, Pemerintah Distrik dan Karantina Tumbuhan dan Hewan Kelas I Biak. Satwa liar dilindungi tersebut kemudian dilakukan pemerikasaan kesehatan oleh Karantina Tumbuhan dan Hewan Kelas I Biak dan dinyatakan sehat dan pergerakan aktif sehingga beberapa hari kemudian dilakukan pelepasliaran ke habitatnya di sekitar hutan CA Tanjung Wiay.

 Kegiatan Pelepasliaran dilakukan pada tanggal 9 Agustus 2017 bersama-sama masyarakat dan instansi terkait serta Komunitas Motor Nabire yang didukung juga oleh PT Jati Dharma Paywood Industries yang terlebih dahulu diisi dengan sosialisasi oleh Bidang KSDA Wil II Nabire dan Kepala Kampung Airmadidi. Kegiatan ini menjadi salah satu wadah kampanye penyelamatan satwa liar yang dilindungi yang efektif dan dapat mengumpulkan lebih dari 100 orang di lokasi pelepasliaran. Satwa yang dilepasliarkan berupa 2 ekor Kasuari, 4 ekor mambruk, 1 ekor Bayan dan 1 ekor kanguru tanah.

 Dampak dari kampanye tersebut, pada tanggal 10 Agustus 2017, Bidang KSDA Wil II Nabire juga mendapatkan penyerahan 20 ekor tukik penyu sisik dari masyarakat dan langsung dilepasliarkan bersama masyarakat adat, instansi terkait dan siswa SMK N Nabire di Pantai TWA Nabire.

 Pada tanggal 11 Agustus 2017 dilanjutkan dengan penanaman bibit matoa dan kayu besi pantai di TWA Nabire yang dilakukan bersama-sama dengan pemilik hak ulayat TWA Nabire, Bpk Konstan Waray, pemerintah kampung dan pengunjung TWA Nabire. Bibit yang ditanam tersebut adalah hasil pembibitan PT Jati Dharma Indah Playwood Industries Nabire.

 Rangkaian kegiatan tersebut merupakan kerja bersama antara Bidang KSDA Wil II Nabire, Masyarakat Kampung Airmadidi, Pemangku Adat suku Wate, Instansi terkait, kelompok Wisata WASALAMBORE TWA Nabire dan PT Jati Dharma Indah Playwood Industries Nabire.

 Arahan dari Kepala Bidang KSDA Wilayah II Nabire, Irwan Efendi, S.Pi., M.Sc bahwa “dengan kegiatan ini semoga satwa liar dilindungi yang dilepasliarkan dapat merasakan kemerdekaannya di habitatnya dan alam Papua tetap hijau……MERDEKA !!!!

 Sumber Info : Irwan Efendi, S.Pi., M.Sc (Kepala Bidang KSDA Wilayah II Nabire BBKSDA PAPUA)

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini