Bon Voyage, Penyu Sei Perlu

Sabtu, 19 Agustus 2017

Kuala Pembuang, 19 Agustus 2017. Kepala Balai Taman Nasional Tanjung Puting dan Kepala SPTN II Kuala Pembuang memimpin perjalanan Bupati beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Seruyan menuju Resort Sei Perlu, SPTN II Kuala Pembuang pada Sabtu, (19/8/2017). Pelangi di pesisir pantai Sei Perlu yang indah seolah menjadi restu dari Sang Maha Kuasa untuk apa yang akan mereka lakukan hari itu. Setelah hampir dua jam berjibaku dijalan, rombongan tiba di kantor resort paling selatan Taman Nasional Tanjung Puting tersebut.

Seminggu sebelumnya, setelah diskusi panjang dengan Budi Suriansyah, S.Hut, (Kepala SPTN II Kuala Pembuang) Bupati Seruyan, Sudarsono, SH. menyatakan minatnya untuk lebih memahami upaya konservasi Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata) yang dilakukan oleh TNTP, yang dirasakan akan sejalan dengan niat beliau untuk mengembangkan wisata alam berbasis pantai di Kabupaten Seruyan.

Upaya keras untuk pelestarian Penyu Sisik yang berstatus diambang kepunahan itu, akhirnya berbuah perhatian Kepala Daerah. Setelah melakukan peninjauan fasilitas penetasan dan kolam pembesaran tukik serta menanam anakan pohon Bintaro (Cerbera odolam), Bupati Seruyan dan rombongan diarahkan Ir. Helmi, Kepala Balai TNTP menuju pantai didepan Kantor Resort Sei Perlu untuk melepasliarkan tukik-tukik mungil yang telah menunggu hampir 10 minggu. Tanpa banyak seremonial, 72 ekor tukik Penyu Sisik satu-persatu dilepasliarkan, merenangi luasnya Laut Jawa. Bebas, merdeka seperti Negara Indonesia yang tiga hari lalu berhari jadi ke 72 Tahun.

Sumber Info : Balai TN Tanjung Puting

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini