Dikhawatirkan Menyerang Warga, BBKSDA Jatim Evakuasi Monyet di Situbondo

Rabu, 15 Mei 2024 BBKSDA Jawa Timur

Situbondo, 14 Mei 2024. Tim Seksi KSDA Wilayah V Banyuwangi, Balai Besar KSDA Jawa Timur (BBKSDA Jatim), melaksanakan  penanganan dan evakuasi seekor satwa liar tidak dilindungi jenis Monyet-ekor panjang/MEP (Macaca fascicularis), Selasa (14/5). Monyet berjenis kelamin jantan tersebut diperkirakan berumur ± 8 tahun yang dimiliki seorang warga Desa Pesanggrahan, Kec. Jangkar, Kabupaten Situbondo. 

Dalam pelaksanaan evakuasi ini, Tim melakukan koordinasi dengan perangkat desa setempat, sembari sosialisasi kepada masyarakat tentang satwa liar yang dilindungi dan tidak. Tidak lupa juga melaporkan proses evakuasi tersebut kepada Kepala Kepolisian Sektor Jangkar. 

Kepada pemilik satwa, tim memberikan edukasi mengenai Monyet-ekor panjang tersebut. Karena adanya laporan dari masyarakat mengenai keberadaan monyet itu, yang dapat meresahkan masyarakat, dan dapat membahayakan karena agresif dan tampak birahi. Dikhawatirkan juga satwa itu dapat membawa dan menyebarkan penyakit yang bisa menular ke manusia (zoonosis). Serta, berpotensi ke ranah pidana jika sampai menggigit manusia, dan masyarakat yang merasa dirugikan dapat melaporkannya ke kepolisian.

Keberadaan MEP ini diawali adanya laporan masyarakat melalui Jaringan Satwa Indonesia (JSI) ke Kepala Seksi KSDA Wilayah VI, bahwa adanya MEP di Situbondo yang diduga agresif dan birahi. Dikhawatirkan dapat menyerang masyarakat, maka pihak JSI meminta bantuan BBKSDA Jatim untuk mengevakuasi satwa dimaksud. 

Sumber: Agus Irwanto - Balai Besar KSDA Jawa Timur


Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini