Peduli, Kesultanan Bacan Mengirim Bantuan Ke MTD di Resort Tayawi

Kamis, 17 Agustus 2017

Sofifi, 16 Agustus 2017. Masyarakat Tobelo Dalam (MTD) atau yang biasa disebut juga suku Togutil merupakan penduduk asli belantara Halmahera. Kehidupan mereka masih tradisional. Mereka hanya menggantungkan hidup di alam hutan Halmahera. Mulai dari alat makan sampai alat untuk berburu. Beberapa kelompok memang sudah hidup berdampingan dengan masyarakat sekitar dan telah mengenal mata uang, seperti kelompok MTD di Resort Tayawi, kawasan Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) yang berada di desa Koli, kecamatan Oba, Kota Tidore Kepulauan.

Sehari sebelum pelaksanaan upacara bendera di Resort Tayawi, Profauna menyerahkan bantuan berupa pakaian dan bahan makanan ke MTD melalui TNAL. Bantuan tersebut berasal dari Permaisuri Sultan Bacan. Berkat kepedulian Kesultanan Bacan, Masyarakat Tobelo Dalam merasa senang menerima bantuan tersebut. Ini terlihat dari rautan wajah yang berseri-seri dan penuh senyum saat menerima bantuan.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Kepala Balai TNAL pada saat upacara bendera di Resort Tayawi. Tidak hanya itu MTD juga menerima bantuan dari desa Koli berupa benih jagung sebanyak 30 kg.

Oleh : Akhmad David Kurnia Putra - Polisi Kehutanan Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini