Lagi, Orangutan Tapanuli Sambangi Kebun Warga

Selasa, 29 November 2022

Orangutan Tapanuli yang tertangkap kamera di kebun warga Desa Pagaran Pisang

Desa Pagaran Pisang, 28 November 2022. Giat penampakan Orangutan Tapanuli (Pongo tapanuliensis) semakin intens. Setelah pada Selasa, 22 November 2022 yang lalu menyambangi kebun durian milik warga di Desa Bulu Mario, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, kali ini orangutan kembali menyambangi kebun warga di Desa Pagaran Pisang, Kecamatan Arse Nauli, Kabupaten Tapanuli Selatan, pada Jumat 25 November 2022.

Berawal dari laporan masyarakat kepada petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok tentang adanya perjumpaan satwa orangutan yang memasuki kebun warga dan memakan buah durian serta buah cempedak yang ada di kebun tersebut. Tim gabungan dari Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok bersama dengan lembaga mitra kerjasama Yayasan Orangutan Sumatera Lestari – Orangutan Information Center (YOSL-OIC) kemudian meninjau lokasi.

Upaya mitigasi yang dilakukan oleh Tim gabungan adalah dengan menghalau dan mengusir orangutan tersebut. Satu individu orangutan berkelamin jantan, berhasil diusir/dihalau dengan menggunakan mercon serta digiring ke arah  kawasan Cagar Alam (CA). Dolok Sipirok. Sedangkan 2 individu lainnya, yang diperkirakan berkelamin betina (induk dan anaknya) masih bertahan di sekitar jurang arah sungai aek siguti di dolok sipirok.

Buah durian dan cempedak sisa-sisa yang dimakan orangutan

Aktifnya kemunculan satwa liar yang dilindungi undang-undang belakangan ini, tentunya perlu menjadi perhatian khusus dari berbagai pihak, agar jangan menimbulkan masalah konflik yang berlarut-larut dikemudian hari. Perlu diambil langkah-langkah konkrit agar kelestarian Orangutan Tapanuli dapat terjaga dan aktifitas kebun warga pun berjalan dengan baik.

Pengusiran/penghalauan orangutan dengan menggunakan mercon

Sumber :. M. Nasir Siregar – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini