Evakuasi Buaya Tangkapan Warga dari Polsek Sei Tualang Raso

Senin, 21 November 2022

Petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara saat akan mengevakuasi buaya

Tanjung Balai, 21 November 2022. Kepala Resort Pelabuhan Tanjung Balai, Suaka Alam (SA) Sei Ledong dan Cagar Alam (CA) Batu Ginurit, Balai Besar KSDA Sumatera Utara, mendapat informasi dari Lurah Sei Raja, Kecamatan Sei Tualang Raso, Kota Tanjung Balai terkait adanya buaya yang ditangkap warga, Jumat (18/11). Saat ini buaya sudah diamankan oleh petugas Kepolisian Sektor (Polsek) Tualang Raso.

Menindaklanjuti laporan tersebut, petugas Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran kemudian mengevakuasi buaya dari Polsek Sei Tualang Raso. Dari hasil pemeriksaan fisik yang dilakukan petugas, diketahui bahwa buaya memiliki panjang dari mulut/muncung sampai ke ujung ekor 72 cm, panjang kaki depan kiri 11 cm, penjang kaki depan kanan 10 cm, panjang kakai belakang kiri 14 cm dan panjang kaki belakang kanan 14 cm. Selanjutnya, buaya dibawa ke kantor Seksi Konservasi Wilayah III di Kisaran dan tak lupa petugas juga mengingatkan dan memberi penyuluhan agar warga tidak memasang jerat dan melakukan perbuatan yang dapat berdampak buruk terhadap warga, maupun kepada satwa liar buaya.

Petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara dan Polsek Sei Tualang melakukan serah terima buaya

Sebagi informasi, bahwa awalnya seorang warga Kelurahan Sei Raja, Kamaludin, berhasil menagkap 1 ekor Buaya Muara (Crocodylus porosus) dengan menggunakan jerat di lingkungan IV Sungai Sei Si Balam, Kelurahan Sei Raja, Kecamatan Sei Tualang Raso. Setelah berhasil dijerat, kemudian mulut/muncung buaya diiikat dengan menggunakan tali plastik, demikian juga dengan kakinya. Namun karena banyaknya masyarakat yang ingin menyaksikan buaya pada saat itu, dan untuk menyelamatkan buaya, maka dilakukan tindakan pengamanan dengan membawanya ke kantor Polsek Sei Tualang Raso.

Sumber : Arif Hidayat – Polhut, dan Elmo Tampubolon – Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini