Kelompok Tani Mandiri Siap Panen Palawija

Rabu, 16 November 2022

Plt. Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI memonitoring tanaman  palawija yang tumbuh dengan baik dan siap panen

Bargotopong, 16 November 2022. Kelompok Tani Mandiri yang berada  di Desa Bargotopong, Kecamatan Batu Nadua, Kota Padangsidimpuan, menjadi salah satu kelompok tani yang mendapatkan bantuan pemberdayaan masyarakat sekitar kawasan konservasi dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah VI Kota Pinang. Desa ini berbatasan langsung dengan kawasan konservasi Suaka Margasatwa (SM) Barumun.

Pemberian bantuan sebesar Rp. 35 juta, direalisasikan pada tanggal 5 September 2022 yang lalu, untuk keperluan pembelian bibit tanaman Multy Purpose Tree Species (MPTS) yaitu bibit alpukat sebanyak 200 batang, bibit tanaman palawija cabe dan tomat, pupuk organik beserta obat-obatan pertanian, mulsa dan pembersihan lahan.

Setelah berjalan kurang lebih 2 bulan, kegiatan pemberdayaan masyarakat sudah menunjukkan hasil yang menggembirakan bagi anggota kelompok tani, khususnya untuk bibit tanaman palawija yang 80 persen tumbuh dengan baik dan bahkan siap untuk dipanen. Keberhasilan ini merupakan kerja keras seluruh anggota kelompok tani yang dilandasi semangat untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga.

Tanaman palawija cabe dan tomat yang dikelola KT. Mandiri

Sedangkan khusus untuk bibit MPTS alpokat, kondisinya masih dalam persemaian dan menunggu siap tanam. Sebagaimana kita ketahui bahwa tanaman MPTS merupakan tanaman kekayuan yang bersifat multiguna, karena bermanfaat dari segi ekologi maupun dari segi ekonomi, serta menghasilkan komoditas kayu dan non kayu, sehingga anggota kelompok tani bisa memanfaatkan komoditas nir-kayu dari tanaman MPTS yang ditanam tanpa melakukan penebangan pohon.

Anggota Kelompok Tani Mandiri menyampaikan terima kasih kepada Balai Besar KSDA Sumatera Utara atas bantuan program pemberdayaan masyarakat ini yang bisa menjadi inspirasi dan motivasi untuk bekerja lebih semangat dan lebih giat lagi, karena hasilnya nyata dalam meningkatkan taraf hidup mereka. Disamping itu juga diharapkan adanya bimbingan dan pendampingan dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah VI Kota Pinang.

Sumber : Hardi Hutabarat – Polhut Penyelia Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini