Berkah Tekun Beternak Ayam

Senin, 14 November 2022

Ratusan ekor ayam ini sudah memberi berkah buat KT. Berkah

Sosopan, 14 November 2022. Dengan semangat kebersamaan dan kesabaran dalam menekuni ternak ayam akhirnya membawa berkah dan sukacita bagi anggota Kelompok Tani Berkah di Desa Huta Baru Sundul, Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padang Lawas. Anggota kelompok saling bergantian dan bahu membahu mengurus ternak ayam disela-sela kesibukan sehari-hari dalam bertani dan berkebun.

Usai menerima bantuan, anggota kelompok kemudian berusaha mewujudkan apa yang dicita-citakan yaitu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan kelompok. Dan hasilnya memang nyata. Hanya dalam waktu sekitar 5 bulan, kelompok ini telah menikmati panen dari telur ayam sebanyak 45 butir telur setiap harinya. Selain untuk dikonsumsi, sebagian juga telah dijual di pasar tradisional. Keberhasilan ini memberi motivasi dan semangat bagi anggota kelompok untuk terus mengembangkan kegiatan peternakan ini. Keinginan kedepannya, dapat memperluas kandang serta memiliki mesin penetasan telur ayam guna  meningkatkan jumlah ayam ternak.

Kepala Resort SM. Barumun III saat menyerahkan bantuan kepada KT. Berkah

Kelompok Tani Berkah merupakan salah satu kelompok tani yang menerima bantuan pemberdayaan masyarakat sekitar kawasan konservasi Suaka Margasatwa (SM) Barumun dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah VI Kota Pinang pada Bidang KSDA Wilayah III Padangsidimpuan, dalam rangka peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Bantuan yang diterima kelompok ini pada tanggal 23 Mei 2022 yang lalu, sebesar Rp. 35 juta, digunakan untuk : pembuatan kandang, pembelian ayam kampung sebanyak 100 ekor betina dan 10 ekor jantan, pembelian pakan serta pengadaan perlengkapan lainnya.

Sebagian telur ayam hasil panen sudah dijual di pasar tradisional

Anggota kelompok merasa bersyukur dan berterima kasih atas bantuan tersebut dan tetap berharap adanya pendampingan serta bimbingan  dari petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara agar pengembangan usaha ini dapat berhasil sesuai dengan yang direncanakan.

Sumber : Supandi – Polisi Kehutanan Penyelia dan Kepala Resort SM. Barumun III, Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 3.7

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini